Jogja
Kamis, 28 April 2016 - 07:20 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Gula Pasir Naik, Harga Cabai Turun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjualan gula (JIBI/Solopos/Dok.)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas gula pasir di Jogja naik, sedangkan harga cabai turun

Harianjogja.com, JOGJA--Harga bahan pangan di pasaran kembali menunjukkan fluktuasi. Harga gula kembali mengalami kenaikan, sedangkan harga cabai terus mengalami penurunan.

Advertisement

Lurah Pasar Beringharjo, Jogja, Sumarno mengatakan, harga gula pasir menunjukkan kenaikan Rp500 hingga Rp1.000 per kg. Biasanya, gula pasir dijual dengan harga Rp12.500 per kg. Saat ini, harga gula pasir di pasaran menyentuh angka Rp13.000 per kg. Bahkan, beberapa pedagang ada yang menjual hingga Rp13.500 per kg.

Sumarno mengungkapkan, hal itu tidak lepas dari minimnya pasokan. Kebutuhan di pasaran belum bisa diimbangi dengan pasokan yang lancar sehingga ada kenaikan harga. “Stoknya sedang kurang. Sekarang ini, suplai berasal dari Lampung untuk gula pasir,” papar dia, Rabu (27/4/2016).

Ia mengatakan, perubahan harga juga terjadi untuk komoditas daging ayam broiler dan cabai rawit merah. Harga daging ayam mengalami penurunan Rp1.000 per kg. Saat ini, harga daging ayam broiler dijual dengan harga Rp27.000 per kg, sedangkan harga sebelumnya Rp28.000 per kg.

Advertisement

Sementara itu, harga cabai terus menunjukkan penurunan. Saat ini, harga cabai rawit merah menyentuh angka Rp14.000 per kg. Penurunan harga ini disebabkan pasokan yang melimpah karena adanya panen di beberapa daerah. Cabai rawit merah yang dipasarkan di Jogja rata-rata dipasok dari Muntilan, Magelang, dan Temanggung, Jawa Tengah.

“Suplainya sedang banyak saat ini. Jadi, ada penurunan harga,” papar dia.

Untuk harga bahan pangan lain menunjukkan kestabilan. Harga daging sapi kualitas satu dijual dengan harga Rp116.000 per kg, daging sapi kualitas dua dijual dengan harga Rp111.000 per kg, dan daging sapi kualitas tiga dijual dengan harga Rp106.000 per kg. “Untuk harga bawang merah, stabil Rp37.000 per kg,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif