Jogja
Kamis, 28 April 2016 - 19:55 WIB

GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : Pancaroba, Nelayan Diminta Waspada Gelombang Tinggi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gelombang tinggi pantai selatan rawan terjadi selama pancaroba

Harianjogja.com, JOGJA– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jogja meminta nelayan mewaspadai tinggi gelombang di perairan selatan Jogja yang diperkirakan terjadi selama masa pancaroba.

Advertisement

“Perlu diwaspadai mengingat gelombang itu dalam kategori sedang hingga cukup tinggi. Gelombang bisa meningkat seiring dengan peningkatan angin,” kata Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja Joko Budiono, Rabu (28/4/2016).

Menurut Joko, berdasarkan pengamatan, tinggi gelombang di perairan pesisir Selatan Jogja dan Jawa Tengah saat ini ada di kisaran 2,5 meter dan di Samudera Hindia Selatan Jogja dan Jawa Tengah mencapai 0,75 hingga 3 meter.

Padahal, menurut Joko, jika mengacu rata-rata tinggi gelombang normal seharusnya tinggi gelombang hanya mencapai 2 meter. Meningkatnya tinggi gelombang tersebut, menurut dia, dipicu oleh peningkatan kecepatan angin di laut yang saat ini mencapai 5-20 knots atau antara 15-35 km per jam.

Advertisement

Joko mengemukakan kondisi tersebut juga dipengaruhi situasi cuaca pada masa pancaroba yang cenderung memicu perubahan arah dan kecepatan aingin secara mendadak.

“Sehingga kami memperkirakan tinggi gelombang itu akan terjadi hingga betul-betul memasuki kemarau pada akhir Mei,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif