Jatim
Kamis, 28 April 2016 - 19:05 WIB

E-KTP TRENGGALEK : Kebut Penyusunan Database, Petugas E-KTP Keliling ke Desa-Desa

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rekam Data e-KTP (Dok/JIBI/Solopos)

E-KTP Trenggalek terus digarap untuk mempercepat penyusunan database kependudukan.

Madiunpos.com, TRENGGALEK – Program layanan perekaman e-KTP atau KTP elektronik keliling dari desa ke desa di wilayah Kabupaten Trenggalek dilanjutkan untuk mempercepat penyusunan database kependudukan setempat.

Advertisement

“Setiap pekan kami programkan layanan perekaman e-KTP keliling ini pada satu-dua kecamatan berbeda,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Trenggalek, Ekanto Malipurbowo, di Trenggalek, Selasa (26/4/2016).

Dia mengatakan petugas perekaman tidak hanya menunggu warga di kantor kecamatan untuk melayani proses perekaman e-KTP. “Petugas kami lebih suka jemput bola dengan mendatangi desa-desa karena yang dilayani bisa sekaligus banyak,” ujar dia.

Menurut dia, volume warga yang dilayani saat mobil keliling dispendukcapil masuk ke desa-desa jauh lebih banyak ketimbang di tingkat kecamatan. “Warga cenderung enggan untuk datang ke kecamatan, mungkin karena alasan lokasi yang jauh dengan tempat tinggal,” ujar Ekanto.

Advertisement

Dia membeberkan ada dua mobil layanan dispendukcapil yang aktif keliling wilayah untuk melakukan perekaman e-KTP maupun administrasi kependudukan.

Ekanto memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh perangkat desa untuk memfasilitasi warga memanfaatkan layanan keliling ini.

“Prosedurnya sederhana, jika ada warga yang berhalangan datang ke kantor [Dispendukcapil] karena alasan sakit atau lainnya, silahkan diusulkan untuk mendapat fasilitas layanan keliling ini,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif