proses rema data e-KTP Ilustrasi Rekam Data e-KTP (Dok/JIBI/Solopos)
Kamis, 28 April 2016 19:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

E-KTP TRENGGALEK
Kebut Penyusunan Database, Petugas E-KTP Keliling ke Desa-Desa

E-KTP Trenggalek terus digarap untuk mempercepat penyusunan database kependudukan.

Solopos.com, TRENGGALEK – Program layanan perekaman e-KTP atau KTP elektronik keliling dari desa ke desa di wilayah Kabupaten Trenggalek dilanjutkan untuk mempercepat penyusunan database kependudukan setempat.

“Setiap pekan kami programkan layanan perekaman e-KTP keliling ini pada satu-dua kecamatan berbeda,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Trenggalek, Ekanto Malipurbowo, di Trenggalek, Selasa (26/4/2016).

Dia mengatakan petugas perekaman tidak hanya menunggu warga di kantor kecamatan untuk melayani proses perekaman e-KTP. “Petugas kami lebih suka jemput bola dengan mendatangi desa-desa karena yang dilayani bisa sekaligus banyak,” ujar dia.

Menurut dia, volume warga yang dilayani saat mobil keliling dispendukcapil masuk ke desa-desa jauh lebih banyak ketimbang di tingkat kecamatan. “Warga cenderung enggan untuk datang ke kecamatan, mungkin karena alasan lokasi yang jauh dengan tempat tinggal,” ujar Ekanto.

Dia membeberkan ada dua mobil layanan dispendukcapil yang aktif keliling wilayah untuk melakukan perekaman e-KTP maupun administrasi kependudukan.

Ekanto memastikan pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh perangkat desa untuk memfasilitasi warga memanfaatkan layanan keliling ini.

“Prosedurnya sederhana, jika ada warga yang berhalangan datang ke kantor [Dispendukcapil] karena alasan sakit atau lainnya, silahkan diusulkan untuk mendapat fasilitas layanan keliling ini,” ujar dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…