Teknologi
Kamis, 28 April 2016 - 01:30 WIB

APLIKASI TERBARU : Ini Fitur-Fitur Unggulan Kiddle

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Kiddle (Independent)

Aplikasi terbaru Kiddle untuk anak memiliki beberapa keunggulan.

Solopos.com, SOLO — Kemajuan teknologi Internet tak hanya dinikmati oleh kalangan dewasa. Anak-anak turut larut dengan teknologi. Sehingga banyak dari mereka yang memanfaatkannya untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari edukasi hingga game.

Advertisement

Bila dilihat dari fungsinya, Internet bisa menjadi tempat bermain yang bermanfaat bagi anak. Namun, di lain sisi hal ini bisa juga menjadi mimpi buruk bagi mereka dan orang tua bila tidak digunakan secara bijak.

Dengan jutaan konten yang dihadirkan Internet, anak-anak bisa saja tidak sengaja atau dengan sengaja mengakses konten tak pantas. Ini tentu jadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua.

Tapi untungnya, seiring berjalannya waktu beberapa pengembang menciptakan berbagai browser dan mesin cari yang diklaim aman untuk anak-anak. Salah satunya Kiddle yang sempat dikira merupakan mesin pencarian anak milik Google.

Advertisement

Dalam pengembangannya, Kiddle dibuat dengan menggunakan algoritma Google. Maka tak heran, mesin pencarian ini mirip-mirip dengan Google. Lalu apa saja kelebihan dari Kiddle? Berikut beberapa fitur Kiddle sebagaiman dikutip dari IB Times, Rabu (27/4/2016).

Hasil Pencarian Dipilih Manusia

Sebagai mesin pencarian, aplikasi terbaru Kiddle memilih jalur aman dalam menampilkan hasil pencarian. Karenanya, Kiddle kemudian memanfaatkan editor manusia dalam menyortir hasil pencarian anak.

Semua konten yang diketik dan dicari secara personal telah dipilih oleh editor. Hasil pencarian yang ditampilkan terpilih ke dalam beberapa kategori. Pertama adalah situs tersebut memang aman dan dibuat untuk anak-anak yang telah dipilih oleh editor.

Advertisement

Kedua, situs tersebut masuk ke dalam daftar situs terpercaya tapi bukan untuk konsumsi anak dan juga dipilih oleh editor. Terakhir adalah situs yang datang langsung dari Google Safe Search.

-Algoritma Spesifik dan Ramah Pencarian Anak

Engine pencarian yang dimiliki Kiddle memanfaatkan algoritma tertentu untuk menyaring semua konten dan menampilkan hasil pencarian eksplisit yang hanya berguna untuk anak-anak.

Seperti misalnya, ketika anak-anak itu mengetik Salman Khan, yang keluar bukan seleb Bollywood Salman Khan, melainkan Salman Khan sang pendiri Khan Academy.

Advertisement

-Hasil Pencarian Lebih Nyaman dengan Gambar Besar

Dibanding orang dewasa, anak-anak tentu lebih tertarik dengan gambar ketimbang konten yang tersaji panjang lebar melalui tulisan. Karenanya, agar lebih bersahabat dengan anak-anak, Kiddle kerap menampilkan hasil pencarian dengan thumbnail atau gambar yang menarik.

Hasil pencarian lebih banyak menggunakan ilustrasi ketimbang tulisan. Gambar atau tulisan di aplikasi terbaru Kiddle dibuat besar agar menarik perhatian.

-Tidak Mentolerir Kata-Kata Kasar

Advertisement

Karena ini ditujukan untuk penggunaan anak, maka aplikasi terbaru Kiddle telah menyiapkan sederet kata-kata kasar yang masuk dalam daftar hitam. Termasuk di dalamnya kata-kata seperti seks dan alat kelamin. Ketika anak-anak itu mencoba untuk mencarinya, maka akan muncul ikon robot yang marah.

-Menjaga Keamanan Privasi Anak

Salah satu isu penting ketika berselancar di dunia maya adalah privasi. Tapi tenang, aplikasi terbaru Kiddle mengklaimnya aman. Segala macam bentuk privasi anak dikatakan terjaga, karena sebagaimana diketahui Kiddle tidak mengumpulkan data pribadi. Kiddle mengklaim bila log pencarian mereka akan dihapus setiap 24 jam sekali.

-Request Blok Situs atau Keywords

Meski semua hasil pencarian telah disortir oleh editor, ada kalanya editor luput dari sortiran. Karenanya, Kiddle menyediakan fitur saat orangtua bisa melaporkan bila telah terjadi miss pada kata kunci atau situs. Caranya cukup mudah, cukup kunjungi opsi Site Blocking atau Keyword Blockng di bawah dari Home Page dan mengisi permintaan blok.

-Gagal Menyortir Iklan

Advertisement

Walau Kiddle sudah dianggap aman dan sukses menyortir sejumlah konten agar aman dikonsumsi anak, masih ada beberapa sektor yang dianggap gagal. Salah satunya adalah filtering pada iklan. Beberapa iklan ada yang muncul (pop up) dengan konten yang tidak cocok untuk anak.

Demikian pula, sempat ada kabar kalau hasil pencarian tak pantas tetap lolos di aplikasi terbaru Kiddle. Maka, pengawasan dari orang tua kala anak menjelajah Internet tetap mutlak dibutuhkan. Jangan hanya mengandalkan teknologi.

Advertisement
Kata Kunci : Aplikasi Terbaru Kiddle
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif