Jogja
Rabu, 27 April 2016 - 19:20 WIB

WISATA JOGJA JATENG : Kereta Prameks Bergambar Batik dan Objek Wisata Joglosemar Diluncurkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Rini Soemarno disambut tarian Hanoman di pelataran Gedung Trimurti PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko, Rabu (27/4/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Jogja-Jateng kini mulai ditangani terpadu dengan spirit Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang)

Harianjogja.com, SLEMAN- Dalam mendukung Spirit Joglosemar, PT KAI  (Persero) Daop VI meluncurkan KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang di-branding dengan desain eksterior batik dan bergambar destinasi wisata di Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang).

Advertisement

Direktur Utama PT KAI Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengatakan, dunia perkeretaapian menyediakan layanan kereta api ke berbagai wilayah tujuan wisata di Joglosemar.

Seperti KA Prameks untuk relasi Jogja-Solo-Kutoarjo, KA Kalijaga relasi Solo-Semarang, KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang, serta KA Joglokerto relasi Solo-Jogja-Purwokerto.

“Bu Rini [Menteri BUMN] juga sudah meresmikan Stasiun Maguwo sebagai pusat transportasi terpadu atau intermoda karena stasiun ini terintegrasi dengan bandara dan jalan raya,” tuturnya, peresmian program Spirit Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), Rabu (27/4/2016) di gedung Trimurti Prambanan, Rabu (27/4/2016).

Advertisement

Nantinya untuk rute wisata yang tidak mampu dijangkau menggunakan kereta api, PT Damri menyiapkan bus untuk mengantarkan penumpang sampai objek wisata. “Sebenarnya kalau kami sudah lakukan ini sejak lama. Saat ini  tinggal kita sinergikan saja,” kata Sarwandi Usman selaku Dirut Perum Damri.

Berdasarkan target pariwisata hingga 2019, DIY-Jateng ditarget mencapai jumlah kunjungan dua juta wisatawan asing dan 11 wisataman domestik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif