Teknologi
Rabu, 27 April 2016 - 12:15 WIB

TIPS SMARTPHONE : Begini Cara Kembalikan Data di Smartphone dan SD Card

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Tips smartphone kali ini mengulas tentang cara mengembalikan data ponsel dan SD Card.

Solopos.com, SOLO — Kehilangan file-file seperti foto, musik, video, dokumen, dan lain-lain di smartphone atau kartu memori pasti sangat menjengkelkan. Selain karena faktor kebutuhan, dokumentasi, kenang-kenangan dan momen penting hilang seketika.

Advertisement

Untuk menyiasati hal tersebut, sebenarnya bisa dengan cara mencadangkan file-file penting ke tempat penyimpanan yang lain. Namun, bagaimana bila file-file tersebut sudah terlanjur hilang. Jalan satu-satunya adalah dengan cara mengembalikannya kembali.

Caranya cukup mudah dan tidak perlu melakukan root smartphone Anda. Splikasi bernama Recuva dan Wondershare Dr Fone dikatakan sanggup mengembalikan file seperti musik, video, foto, dokumen dan lain-lain yang hilang di perangkat smartphone dan kartu memori. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan file di kartu memori sebagaimana dilansir Androidpit, Rabu (27/4/2016):

Pertama, mengunduh terlebih dahulu aplikasi recuva di websitepiriform.com/recuva, Anda bisa memilih versi gratis dan premium. Setelah terunduh dan di-install di komputer, jalankan aplikasi dan pilihlah file yang akan Anda recovery seperti foto, musik, video, dan dokumen.

Advertisement

Pilihan restore tersedia juga untuk lokasi di folder-folder tertentu. Klik pada pilihan jenis file yang akan di-recovery dan tungullah hingga proses recovery selesai.

Bila Anda merecovery SDcard, pastikan format memory yang digunakan adalah NTFS, FAT32 atau yang serupa. Sedangkan untuk merecover data di internal smartphone caranya cukup sederhana dan tidak memerlukan proses rooting.

Pertama bukalah settingan smartphone, klik About Phone, dan tap Build Number sebanyak tujuh kali. Setelah itu, masuk ke setting, developer option, dan Klik Enable USB. Sekarang smartphone Anda dapat menjalankan aplikasi Wondershare Dr Fone untuk melakukan scanning file.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif