Ilustrasi nasi (healthyandnaturalhouse.com) Ilustrasi nasi (healthyandnaturalhouse.com)
Rabu, 27 April 2016 11:15 WIB Evi Handayani/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS DIET SEHAT
Masak Nasi dengan Minyak Kelapa Kurangi Serapan Kolesterol dan Glukosa

Tips diet sehat kali ini mengulas tentang cara benar memasak nasi dengan minyak kelapa.

Solopos.com, SOLO — Salah satu sumber makanan yang bisa meningkatkan penyerapan kolesterol dalam tubuh adalah nasi. Bila Anda sedang menjalankan program diet sehat, sebaiknya Anda mengikuti langkah memasak nasi dengan minyak kelapa yang akan diulas kali ini, Rabu (27/4/2016).

Dilansir Healthtipsportal, dalam acara Pertemuan Nasional dan Pameran dari American Chemical Society (ACS), ahli dari Sekolah Tinggi Ilmu Kimia di Sri Lanka, Sudhair James, menyatakan cara memasak beras hingga menjadi nasi berpengaruh pada tingkat penyerapan kolesterol dan glukosa dalam tubuh.

Sudhair mengungkapkan, pengolahan beras dengan minyak kelapa, bisa menghasilkan nasi yang mampu menahan penyerapan glukosa dan kolesterol berlebih. Hal ini karena nasi yang melalui proses pengolahan dengan minya kelapa bisa menghasilkan pati resisten.

Ketika memasuki tubuh dan melewati usus kecil, pati resisten ini tercerna dan menjadi makanan bagi mikroba baik di dalamnya. Efek positifnya, tak glukosa yang masuk dalam darah bisa terkontrol dan membuat sel-sel dalam usus sehat. Pati resisten ini juga bisa menjadi bahan pembakaran alami lemak.

Lalu, bagaimana cara memasak beras dengan kandungan pati resisten ini? Silakan campur air mendidih dengan satu sendok teh minyak kelapa. Lalu, masukkan beras. Masak beras hingga 40 menit atau sampai menjadi nasi matang.

Angkat nasi yang sudah matang. Dinginkan lalu masukkan di lemari es selama 12 jam sebelum dikonsumsi. Prosedur pendinginan ini diklaim bisa meningkatkan kadar pati resisten dalam nadi hingga 10 kali lipat.

lowongan pekerjaan
PT. SEJAHTERA MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…