Kemenpora menyediakan tiga opsi untuk pembekuan PSSI (Kemenpora.go.id) Kemenpora menyediakan tiga opsi untuk pembekuan PSSI (Kemenpora.go.id)
Rabu, 27 April 2016 17:00 WIB JIBI/Solopos/Antara Indonesia Share :

SEPAK BOLA INDONESIA
Kemenpora Isyaratkan Cabut Pembekuan PSSI

Sepak bola Indonesia bisa segera pulih setelah ada isyarat pencabutan pembekuan PSSI.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengisyaratkan akan segera mencabut pembekuan PSSI. Hal itu menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) serta terkait kehadiran dua wakil Indonesia yang melakukan pertemuan dengan FIFA.

Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, di Jakarta, Rabu (27/4/2016), mengatakan opsi pencabutan pembekuan PSSI memang berpeluang menjadi pilihan utama dibandingkan pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) seperti yang muncul saat ini.

“Ke arah option pertama [pencabutan pembekuan]. Namun, hingga saat ini kami belum mendapatkan arahan secara detail dari presiden,” katanya di sela penandatanganan kerja sama antara PT Gelora Trisula Semesta dengan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan jika permasalahan persepakbolaan nasional–dalam hal ini pembekuan PSSI–akan segera dituntaskan. Bahkan pihaknya memberikan batasan jika permasalahan ini harus tuntas sebelum pelaksanaan Kongres FIFA bulan depan.

Keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan sepak bola ini juga ditunjukkan dengan pengiriman Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir bersama dengan Ketua Ad-hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar ke markas FIFA. Mereka ditemui oleh Presiden FIFA saat ini, yaitu Gianni Infantino.

Terkait dengan pertemuan wakil pemerintah dengan FIFA, pria yang juga Kepala Komunikasi Publik Kemenpora itu membenarkan jika pertemuan tersebut telah dilaksanakan Selasa (26/4/2016). Namun, pihaknya belum menjelaskan dengan detail hasil pertemuan tersebut.

“Saya tadi sudah tanyakan ke Pak Teten [Masduki, Kepala Staf Kepresidenan]. Pertemuan tadi betul. Ada hal yang positif. Tapi kami belum bisa memberikan penjelasan dengan detail,” kata Gatot menambahkan.

Keberangkatan dua delegasi Indonesia ke FIFA itu memang sudah direncanakan sejak awal. Namun, sebelum mereka berangkat, Ketua Ad-hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar meminta kepastian tertulis dari Kemenpora terkait pencabutan pembekuan PSSI.

Terkait permintaan surat tertulis dari Agum Gumelar, mantan Deputi Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora ini mengatakan jika garansi secara fisik tidak ada. Pemerintah hingga saat ini hanya berpikiran positif dalam menyelesaikan permasalahan persepakbolaan nasional.

LOWONGAN PEKERJAAN
GRIYA BAMBU KUNING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…