Timnas Albania (Telegraph.co.uk) Timnas Albania (Telegraph.co.uk)
Rabu, 27 April 2016 09:30 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Profil Tim Share :

PIALA EROPA
Inilah Profil Timnas Albania, Sang Debutan

Piala Eropa 2016 akan diikuti Timnas Albania.

Solopos.com, SOLO – Piala Eropa 2016 menjadi turnamen besar bagi Timnas Albania. Sepanjang sejarah, mereka tak pernah lolos ke putaran final turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

Oleh karena itu, Albania menjadi tim debutan di Piala Eropa 2016 di Prancis. Meski menjadi debutan, ALbania bertekad memberi sebuah kejutan di ajang tersebut. Mereka pun harus bersaing dengan tuan rumah Prancis, Swiss, dan Rumania di grup A.

Albania lolos ke putaran final Euro 2016 setelah menjadi runner up Grup I di babak kualifikasi. Mereka mengoleksi 14 poin, terpaut 7 angka dari pemuncak klasemen Portugal. Albania unggul atas Denmark yang mengemas 12 poin, Serbia (4), dan Armenia (2).

Dalam perjalanannya di babak kualidikasi tersebut, Albania sempat diuntungkan dengan insiden drone saat melawat ke kandang Serbia. Serbuan fans Serbia ke pemain Albania di lapangan, membuat UEFA memberi kemenangan 3-0 dan tiga poin untuk Albania.

Albania mungkin tidak banyak memiliki pemain berkelas seperti peserta lainnya. Namun lewat polesan pelatih Giovanni De Biasi, Albania tampil cukup baik dan bukan tidak mungkin akan menghadirkan kejutan. Lolosnya mereka ke putaran final saja sebenarnya sudah menjadi sebuah kejutan karena mampu menyingkirkan Denmark dan Serbia yang lebih memiliki nama.

Kapten Lorik cana mungkin akan menjadi pemain kunci bagi Albania. Cana menjadi salah satu pemain tenar yang dimiliki mereka. Pemain 32 tahun itu pernah membela sejumlah klub top Eropa seperti Paris Saint Germain, Olympique Marseille, Sunderland, galatasaray, dan Lazio. Kini Cana tercatat sebagai tim League 1 Prancis, Nantes.

Tak banyak pemain yang memiliki skill tinggi, membuat Albania akan mengandalkan kolektivitas permainan dan tak akan mengandalkan satu pemain kunci. Hal ini justru menjadi nilai positif bagi mereka. Terbukti, enam dari 10 gol di babak kualifikasi dicetak oleh pemain dari posisi berbeda mulai dari penyerang, gelandang, hingga bek.

Berikut skuat Timnas Albania:

Kiper: O. Shehi, Alban Bekim Hoxha, E. Berisha

Belakang: F. Vaseli, Arlind Ajeti, L. Cana, A. Rrahmani, M. Mavraj, A. Agolli, E. Hysaj, B. Djimsiti, N. Aliji

Tengah: E. kace, L. Memushaj, T. Xhaka, M. Basha, B. Kukeli, M. Rashica, A. Lila, A. Abrashi, E. Lenjani, O. Roshi, H. Shala

Depan: S. Cikalleshi, S. Gashi, B. Balaj, A. Sadiku

Pelatih: G. De Biasi

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…