Teknologi
Rabu, 27 April 2016 - 18:35 WIB

PENJUALAN SMARTPHONE : Penjualan Iphone Turun Drastis

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iphone 7S (9to5mac.com)

Penjualan smartphone Iphone turun kali pertama dalam sembilan terakhir.

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Apple, mencatat rekor baru dalam penjualan smartphone. Bukan rekor baik, tapi rekor buruk penjualan Iphone yang merosot dalam sembilan tahun.

Advertisement

Seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (27/4/2016), penjualan smartphone Apple yang tercatat hingga kuartal II 2016 mencapai 51,2 juta  unit. Penjualan Iphone tahun ini jelas mengalami penurunan drastis karena tahun lalu perusahaan yang dibesarkan Steve Jobs itu mampu menjual 61,2 juta unit.

Untungnya penjualan smartphone Apple tidak seburuk prediksi pakar ponsel yang memperkirakan hanya terjual 50 juta unit pada kuartal II 2016. Penurunan penjualan Iphone memang sudah diprediksi beberapa kalangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pendapatan dari penjualan Iphone selalu tinggi dan naik drastis. Tapi setelah turun, pendapatan Apple turun drastis sejak 13 tahun sebanyak US$50,6 miliar atau lebih dari Rp660 triliun. Saham Apple juga anjlok 8%.

Advertisement

Penurunan penjualan smartphone Apple dalam bentuk Iphone awalnya diprediksi berlangsung sementara. Tapi Apple memang sepertinya sudah kehilangan inovasi sehingga produk yang dihasilkan hanya itu-itu saja.

Untuk meningkatkan penjualan smartphone atau produk lain, Apple harus menghadirkan produk yang berbeda dan memiliki teknolog yang lain daripada yang lain. Tapi itu tentu saja itu butuh waktu.

Selain itu menurut Chief Financial Officer Apple, Luca Maestri, keberhasilan besar dalam penjualan smartphone Iphone 6 pada 2015 jelas sulit terulang. Menurut Maestri, Iphone 6 adalah keajaiban. Hal itu diperparah dengan penjualan Iphone 6S yang tidak sesuai ekspektasi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif