Salah satu sudut Kelurahan Sumber (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)
Rabu, 27 April 2016 05:50 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PEMKOT SOLO
Sumber Kelurahan Terbaik

Perlombaan kelurahan digelar Pemkot Solo.

Solopos.com, SOLO – Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo keluar sebagai pemenang dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Solo tahun 2016.

Ketua Tim Juri Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Surakarta Tahun 2016, Sukendar, mengatakan Kelurahan Sumber keluar sebagai yang terbaik dalam penilaian bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Penilaian ketiga bidang tersebut mengacu pada indikator yang yang tertuang dalam Permendagri No. 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Masing-masing Lurah di lima kelurahan yang masuk dalam penilaian Perlombaan Kelurahan Tingkat Kota Solo tahun 2016 sudah memaparkan keunggulan [kelurahan] masing-masing. Tim juri juga sudah meninjau langsung ke lapangan. Kami sepakat Sumber menjadi kelurahan terbaik,” kata Sukendar kepada solopos.com, Selasa (26/4/2016).

Sukendar menjelaskan Kelurahan Sumber bakal didaftarkan untuk maju dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng tahun 2016. Kelurahan Sumber bakal menyerahkan berkas administrasi penilaian kepada Tim Juri Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng.

Berkas tersebut bakal masuk penilaian yang dijadwalkan baru selesai pada 16 Mei 2016. Apabila masuk nominasi, Kelurahan Sumber akan didatangani Tim Juri Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng.

“Tim juri tingkat Provinsi akan mengumumkan nominasi tiga desa dan tiga kelurahan terbaik setelah melakukan penilaian laporan atau berkas dari setiap kelurahan. Mereka lantas meninjau langsung kelurahan-kelurahan yang masuk nomonasi tersebut sekitar pada 18 Mei – 25 Mei mendatang,” tanggap Sukendar.

Sukendar optimistis Kelurahan Sumber masuk dalam nominasi kelurahan terbaik dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng. Dia bahkan yakin bahwa Kelurahan Sumber layak menjadi wakil Provinsi Jateng untuk maju dalam Perlombaan Kelurahan tingkat Nasional tahun 2016. Sukendar menilai Pemerintah Kelurahan Sumber dan masyarakat Sumber mampu bersinergi dengan baik sehingga berhasil menciptakan berbagai program bermutu dan berkualitas.

“Spirit mereka luar biasa. Mereka membawa semangat, Aku Bangga Kampungku Maju. Semangat itu bisa mereka brake down untuk menyajikan kegiatan yang unggul. Program mereka maju. Saya ambil contoh, mbiyen buta huruf banyak. Lalu pengurus LPMK membuat pelatihan membaca dan menulis. Tindakan itu membuahkan hasil. Angka buta huruf kini turun,” papar Sukendar.

Sementara itu, Lurah Sumber, Dwi Listyorini, mengaku optimistis Kelurahan Sumber keluar menjadi pemenang dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Jateng. Dia bahkan siap untuk memperjuangkan agar Kelurahan Sumber bisa meraih juara I Perlombaan Kelurahan Tingkat Nasional.

Dwi mengutarakan masyarakat dan program kegiatan di Kelurahan Sumber sudah tertata dengan baik. Dia berusaha bisa lebih baik dari Kelurahan Kadipiro yang menyabet juara 2 Perlombaan Kelurahaan Tingkat Nasional tahun 2015.

 

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…