Gajah di Ankor Wat mati karena suhu udara mencapai 40 derajat celcius. (Istimewa)
Rabu, 27 April 2016 14:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

KISAH TRAGIS
Kelelahan Saat Atraksi, Gajah Ini Akhirnya Mati

Kisah tragis terjadi di Angkor Wat, Kamboja, saat seekor gajah mati karena kelelahan.

Solopos.com, SOLO – Insiden mengenaskan terjadi di kawasan Angkor War, Kamboja. Seekor gajah tewas diduga karena kelelahan melakukan atraksi sepanjang hari.

Diwartakan Dailymail, Selasa (26/4/2016), gajah bernama Sambo sudah rutin beratraksi sejak 15 tahun terakhir. Hidup Sambo berakhir setelah dirinya beratraksi di suhu udara yang cukup tinggi.

Sambo beratraksi 40 menit saat Angkor Wat berada di suhu 40 derajat. Menurut dokter hewan yang memeriksa setelah robohnya hewan itu, sang gajah betina terkena serangan jantung yang disebabkan oleh suhu tinggi, kelelahan karena panas, dan kurangnya hembusan angin untuk mendinginkan dirinya.

Para pencinta binatang meminta penyidikan tentang matinya hewan itu, yang ditengarai telah dipaksa memberi tunggangan kepada para wisatawan pada saat suhu sedang demikian panasnya.

“Kita semua bersedih telah kehilangan dirinya,” kata Manajer Oan Kiri dari Perusahaan Gajah Angkor.

Seorang pengguna Facebook bernama Yem Senok mengunggah sejumlah foto Sambo tergeletak di tanah. Selain itu, ada suatu petisi yang menyerukan diakhirinya wisata tunggangan gajah yang menjadi salah satu daya tarik di kawasan terkenal itu yang termasuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO tersebut. Petisi ini telah ditandatangai puluhan ribu akun.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…