Anggota perlindungan masyarakat melakukan defile usai mengikuti upacara di Alun-alun Satya Negara, Sukoharjo, Rabu (27/4/2016).
 . (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos) Anggota perlindungan masyarakat melakukan defile usai mengikuti upacara di Alun-alun Satya Negara, Sukoharjo, Rabu (27/4/2016). . (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)
Rabu, 27 April 2016 14:23 WIB Trianto Hery Suryono/JIBI/solopos Sukoharjo Share :

HUT LINMAS
Gubernur Minta Anggota Linmas Gunakan Ilmu Titen

HUT Linmas yang ke-54 diperingati di Alun-Alun Satya Negara, Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO – Anggota perlindungan masyarakat (linmas) di wilayah Jawa Tengah diminta terlibat aktif menangkap paham radikalisme dan diminta menggunakan ilmu titen sehingga setiap kejanggalan sekecil apapun bisa dianalisa.

Posisi linmas sangat strategis karena berdekatan dengan masyarakat sehingga memiliki peran penting dalam membantu ancaman keamanan. Penegasan itu disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di HUT ke-54 Linmas Jateng di Alun-alun Satya Negara, Sukoharjo, Rabu (27/4/2016).

Seusai upacara dilanjutkan dengan lomba defile dengan rute mengelilingi alun-alun. Peserta defile berasal dari anggota linmas di 35 kabupaten/kota se-Jateng. Tema kegiatan adalah Ayo Optimalkan Peran Serta Satlinmas Sebagai Penangkal Awal Radikalisme dan Terorisme. Menurutnya, tema tersebut sesuai dengan situasi sekarang.

“Tema jangan hanya sebatas slogan tetapi diimplementasikan. Tak ada yang ingin anak kehilangan ibu atau bapak. Tak ada adik yang ingin kehilangan kakak. Antisipasi gerakan teror yang tak bertanggung jawab. Anggota satlinmas harus memakai ilmu titen dan berkoordinasi dengan keamanan yang lain,” katanya.

Lebih lanjut Ganjar menilai beberapa tahun terakhir peran linmas makin baik dan optimal. Menurutnya, linmas memiliki kekuatan luar biasa karena anggotanya tersebar hingga ke pelosok RT/RW.

“Masyarakat ingin hidup rukun, hidup guyup dan nyaman tidak terganggu radikalisme dan teror. Kami mengajak warga Jateng untuk tidak takut kepada aksi-aksi teror karena tak satupun ajaran agama yang mengajarkan menyakiti sesama. Semua agama mengajarkan kebaikan,”ujarnya.

Pada bagian lain, Ganjar menyatakan, potensi gangguan selalu muncul dengan berbagai cara dan kegiatan. “Tugas kita semua untuk mencegah gangguan itu. Salah satu peran pencegahan dipegang oleh linmas.”

Gubernur menilai peristiwa penembahan misterius di Kota Magelang juga bentuk teror dan membuat takut masyarakat.

“Peristiwa Magelang terus dipantau dan pelaku sudah dicari pihak kepolisian dan menyelidiki motifnya. Aparat terus bekerja. Kami berharap, masyarakat, anggota linmas, satpol PP dan tokoh masyarakat ikut deteksi dini sehingga bentukbentuk teror itu tidak terjadi di Jawa Tengah,”ujarnya.

Mantan anggota DPR RI ini menegaskan, deteksi dini yang dilakukan adalah menghidupkan kembali ronda malam hari. Ditegaskannya, dirinya tak mau represif karena fungsi negara melindungi warganya.

“Sekarang ada tim turun ke Magelang. Kami melihat peristiw Magelang salah satu bentuk radikalisme. Kita sepakat hidup di NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Anggota linmas menjadi mata dan telinga negara,” tegasnya.

Sekadar diketahui peristiwa dugaan penembakan di Magelang dialami Zulfah, siswi salah satu SMK swasta di Kabupaten Magelang. Kejadian Zulfah terjadi saat dia bersama temannya berjalan kaki di kawasan shooping centre. Kejadian diperkiran berlangsung sekitar pukul 21.00 WIB. Zulfah merasakan dadanya sakit diduga terkena tembakan.

Aksi ini juga menimpa seorang pedagang buah di Jalan Ikhlas Kota Magelang, Santi R, 20 yang malam itu berjualan di kiosnya. Saat dirinya mengambil handphonei di depan kios tanpa diduga ada tiga kali tembakan mengarah ke kiosnya. Tembakan pertama mengenai dinding, tembakan kedua mengenai tumpukan keranjang buah dan tembakan ketiga mengenai bagian paha kaki kanan. celana jeans yang dikenakan berlubang.

 

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…