Alibaba Kuasai Lazada (Detik) Alibaba Kuasai Lazada (Detik)
Rabu, 27 April 2016 20:00 WIB Irene Agustine/JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

BISNIS STARTUP
Alibaba Masuk Indonesia, Presiden: Ini Peringatan!

Bisnis startup Indonesia kian dilirik. Namun, masuknya raksasa e-commerce asal China, Alibaba, dinilai menjadi peringatan bagi pelaku lokal.

Solopos.com, TANGERANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pelaku industri digital untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan global di sektor e-commerce. Saat ini, dia mengatakan pelaku e-commerce lokal sudah banyak yang eksis, seperti Tokopedia, Bukalapak, Go-Jek, Blibli, sampai Traveloka.

Namun, Presiden meminta mewaspadai pelaku industri e-commerce asal China yang sudah melakukan ekspansi dalam melihat peluang pasar di Indonesia. “Pekan kemarin saya dengar Alibaba sudah masuk, dan ini menjadi peringatan buat kita semua,” katanya saat pembukaan Indonesia E-Commerce Summit and Expo, Rabu (27/4/2016).

Meski demikian, masuknya kompetitor dari luar Indonesia dimaknai positif. Menurutnya, Indonesia kini mulai dilirik oleh pasar global. “Dari luar sudah melihat potensi kita besar, potensi digital ekonomi kita besar. Oleh karena itu di sini ada peluang yang harus diisi,” ujarnya.

Presiden juga menekankan agar anggaran untuk kegiatan pengembangan startup Tanah Air dapat disiapkan dengan baik agar tidak tertinggal dalam persaingan.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…