News
Selasa, 26 April 2016 - 12:00 WIB

WALI KOTA JAKUT MUNDUR : Mendagri: Pejabat Tidak Boleh Berhenti Seenaknya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok/JIBI)

Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Rustam Effendi mundur dari jabatannya.

Solopos.com, JAKARTA – Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi mundur dari jabatannya setelah ‘bersitegang’ dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan pejabat tidak boleh mengundurkan diri tanpa alasan kuat.

Advertisement

“Dia mundur karena apa? Kalau masa pensiunnya masih jauh, dia tidak sakit, tidak berhalangan tetap nggak bisa loh pejabat daerah seenaknya berhenti. Dia digaji oleh negara untuk kerja,” ujar Tjahjo usai launching I-Otda Kemendagri, Hotel Sahid Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016).

Tjahjo mengatakan Rustam harus memiliki alasan yang tepat untuk mengundurkan diri. “Harus ada alasan yang tepat kecuali dia sakit berhalangan tetap, dia boleh mengajukan mundur. Tapi kalau dalam keadaan sehat tidak ada apa-apa, masa baktinya masih ada, dia mundur misalnya dia harus dijelaskan walaupun itu hak otonomi khusus DKI,” terangnya.

Menyoal ada nuansa politis dalam pengunduran diri Rustam, Tjahjo menilai setiap orang memiliki persepsi politik yang berbeda. Dia juga membantah ada perseteruan antara Ahok dan Rustam. “Saya melihat mungkin ketidakcocokan antara atasan dan bawahan kan apa pun harus cocok,” ujarnya.

Advertisement

“Hanya karena DKI itu khusus, yang berhak mengganti, mengajukan, mengusulkan, melantik seorang kepala daerah baik di wilayah Jakarta sampai Kepulauan Seribu ya itu berhak menanyakan adalah DPRD dari fungsi pengawasannya,” kata Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo menilai tidak ada yang salah dengan gaya komunikasi Ahok selama ini. “Ya, Pak Jokowi kan mengatakan gaya kepemimpinan masing-masing kan, ada yang suka rock, keroncong tapi yang jelas visi-misinya sama walaupun dengan gaya, pola, kebijakan, tata laksana, tata kelola yang berbeda,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif