Jogja
Selasa, 26 April 2016 - 18:55 WIB

UNBK 2016 : Dua SMP di Kulonprogo Jadi Penyelenggara UNBK

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para siswa kelas IX SMP Negeri 1 Galur mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di ruang laboratorium komputer sekolah, Senin (25/4/2016). (Foto Istimewa/Dok.SMP Negeri 1 Galur)

UNBK 2016 tingkat SMP di Kulonprogo akan diselenggarakan di dua sekolah

Harianjogja.com, KULONPROGO -Dua SMP di Kulonprogo bersiap menjadi penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Sekolah diharapkan bisa mengantisipasi berbagai kendala teknis, terutama dengan berkaca pada apa yang terjadi pada UNBK SMA/SMK sederajat pada April lalu.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana mengatakan, UNBK jenjang SMP tahun ini hanya digelar dua sekolah, yaitu SMP Negeri 1 Galur dan SMP Negeri 1 Wates.

Meski demikian, hal itu dianggap sebagai capaian prestasi membanggakan karena tahun sebelumnya sama sekali tidak ada SMP yang menyatakan siap menjadi penyelenggara UNBK.

Sumarsana mengaku sudah rutin mengingatkan sekolah untuk secara rutin mengecek kondisi sarana dan prasana penyelenggaraan UNBK. Dia ingin beberapa insiden yang terjadi saat UNBK SMA/SMK bisa diantisipasi, seperti jaringan internet yang melambat, pemadaman listrik, dan sebagainya.

Advertisement

Sumarsana juga berharap, tidak ada lagi pelaksanaan ujian yang berlangsung sampai malam seperti di SMA Negeri 1 Sentolo waktu itu.

“Kejadian di SMA Negeri 1 Sentolo kemarin itu adalah pelajaran penting buat kita. Selanjutnya harus benar-benar disiapkan dengan lebih baik,” kata Sumarsana, Senin (25/4/2016).

Ujian Nasional (UN) SMP sederajat diadakan pada 9-12 Mei mendatang. Sebanyak 6.018 orang tercatat sebagai peserta dan 310 orang diantaranya merupakan peserta UNBK. Sumarsana kemudian berharap UN SMP berjalan dengan lancar. Jumlah sekolah penyelenggara UNBK juga diharapkan terus bertambah setiap tahun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif