Jatim
Selasa, 26 April 2016 - 14:05 WIB

TIKET LEBARAN 2016 : Tiket KA Logawa dan Sritanjung untuk Mudik Lebaran 2016 Habis

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (JIBI/Dok)

Tiket Lebaran 2016 yakni untuk Logawa dan Sritanjung habis terjual.

Madiunpos.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan tiket Kereta Api Logawa jurusan Jember-Purwokerto dan Sritanjung jurusan Banyuwangi-Yogyakarta untuk arus mudik Lebaran 2016 sudah habis.

Advertisement

PT KAI Daerah Operasi (Daops) IX Jember mencatat tiket KA Logawa dengan tujuan akhir Purwokerto terjual habis untuk keberangkatan H-7 Lebaran atau 30 Juni 2016 hingga H+5 Lebaran atau 12 Juli 2016.

Sedangkan tiket KA Sritanjung dengan tujuan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta ludes untuk keberangkatan H-4 Lebaran (2 Juli 2016) hingga H+3 Lebaran (10 Juli 2016).

“Perkembangan ketersediaan tempat duduk untuk kereta api arus mudik Lebaran di wilayah Daerah Operasi IX Jember cepat habis,” kata Manajer Humas PT KAI Daops  IX Jember, Krisbiantoro, di Jember, Senin (26/4/2016).

Advertisement

Menurut dia, tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif di wilayah Daops IX yakni KA Mutiara Timur untuk mudik Lebaran juga sudah dipesan oleh calon penumpang. “Namun jumlah kursi masih tersedia untuk arus mudik masih cukup banyak atau lebih dari 50 persen,” ungkap dia.

Krisbiantoro menyatakan PT KAI membuka penjualan tiket KA untuk mudik Lebaran 2016 pada 28 Maret 2016, sehingga masyarakat yang langsung membeli tiket untuk arus mudik dan balik tidak kehabisan tiket.

“Data perkembangan penjualan tiket tersebut akan bergerak terus karena pemesanan tiket masa angkutan Lebaran masih berlangsung dan dapat dipesan atau dibeli masyarakat melalui dalam jaringan [daring], sehingga dalam hitungan jam bisa berubah jumlah ketersediaan tempat duduk di sejumlah rangkaian kereta api,” kata dia.

Advertisement

Krisbiantoro mengatakan masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta dapat memesan tiket melalui laman tiket.kereta-api.co.id, aplikasi telepon pintar, Contact Center KAI 121, agen tiket KA, toko modern berjaringan, kantor pos, pegadaian, e-kios, dan kanal-kanal eksternal lainnya.

Untuk diketahui, KA yang beroperasi di wilayah Daops IX Jember meliputi KA eksekutif dan bisnis KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, dan KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember.

Sementara itu, pantauan di Stasiun Jember banyak warga yang sudah memesan tiket kereta api untuk arus mudik dan balik Lebaran 2016 melalui loket di stasiun maupun melalui e-kios di stasiun setempat.

“Saya sudah pesan tiket KA Logawa untuk mudik dan balik Lebaran 2016 dengan tujuan Madiun melalui elektronik kios yang ada di Stasiun Jember karena antrean pemesanan di loket stasiun cukup panjang,” kata calon penumpang kereta, Galih Utama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif