News
Selasa, 26 April 2016 - 22:15 WIB

MASA LIBURAN : PT KAI Tunggu Pengoperasian KA Fakultatif

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustraso mudik dengan kereta api. (JIBI/Solopos/Antara/Yustinus Agyl)

Masa liburan membuat PT KAI akan mengoperasikan KA fakultatif.

Solopos.com, SOLO–Menjelang long weekend di awal Mei, permintaan tiket kereta api (KA) tinggi. Meski begitu, keputusan pengoperasionalan KA fakultatif masih menunggu kepastian dari kantor pusat.

Advertisement

Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan hingga saat ini load factor KA saat  long weekend sudah mencapai lebih dari 80%. Dia menyampaikan permintaan ini akan terus meningkat mendekati libur panjang. Meski begitu, hingga kini PT KAI belum menawarkan tiket KA tambahan karena permintaan masih bisa dilayani menggunakan KA reguler.

“Long weekend biasanya akan ada KA fakultatif karena permintaan masyarakat tinggi. KA tambahan biasanya adalah KA Argo Dwipangga. Namun sampai saat ini belum ada keputusan dari kantor pusat [mengoperasikan KA fakultatif] karena harus melihat permintaan masyarakat supaya tidak rugi,” jelasnya kepada Solopos.com, Selasa (26/4/2016).

Menurut dia, rencana liburan masyarakat Indonesia biasanya dilakukan secara mendadak sehingga meski tiket sudah ditawarkan sejak 90 hari sebelumnya tidak langsung diburu calon penumpang. Permintaan tiket ini paling ramai adalah tujuan Jakarta dan Bandung.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif