Perawatan sistem rem dan sistem pendingin ruangan kereta api di Depo Kereta Poncol, Semarang, Senin (6/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Perawatan sistem rem dan sistem pendingin ruangan kereta api di Depo Kereta Poncol, Semarang, Senin (6/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Selasa, 26 April 2016 17:00 WIB Muhammad Khamdi/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Long Weekend Pekan Depan, Tiket KA Ludes Terjual

Tiket kereta api (KA) jadi favorit mudik. Untuk long weekend pekan depan, tiket KA reguler sudah ludes terjual.

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan tiket KA reguler selama long weekend (5-8 Mei 2016) ludes terjual. Seperti diketahui, pekan depan ada dua hari libur nasional yang berurutan dan berdekatan dengan akhir pekan.

Ketiga tanggal keberangkatan yang sudah terjual habis tiketnya itu masing-masing adalah 4 dan 5 Mei 2016 untuk keberangkatan dari Jakarta dan Bandung ke Jateng, DIY, dan Jawa Timur. Selain itu tiket 8 Mei 2016 untuk keberangkatan balik menuju Jakarta dan Bandung juga ludes.

Sedangkan tiket KA keberangkatan 7 Mei 2016 tujuan Jakarta kini hanya tersisa 40 lembar, yaitu untuk KA eksekutif Bima. “Tiket untuk KA reguler yang lain baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi semua sudah habis terjual,” Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono dalam rilisnya, Selasa (26/4/2016).

Sementara itu, untuk tiket KA Logawa dari Purwokerto ke arah timur telah habis terjual untuk keberangkatan 5 Mei 2016. Namun untuk hari-hari lain sementara masih tersedia. Data ketersediaan tiket ini berdasarkan pantauan Rail Ticket System (RTS) Selasa (26/4/2016) pukul 09.00 WIB.

Menurut Surono, faktor kenyamanan, keamanan, dan kepastian waktu tempuh ditengarai menjadi alasan sebagian besar masyarakat lebih memilih transportasi kereta api saat ini. Waktu tempuh kereta api untuk Jakarta-Purwokerto atau sebaliknya misalnya, saat ini rata-rata hanya 5 jam perjalanan.

Guna mengantisipasi tingginya permintan tiket saat masa libur panjang ini, PT KAI akan menjalankan KA Argo Dwipangga Tambahan dengan trayek Gambir-Solo PP. KA Argo Dwipangga Tambahan ini akan membawa rangkaian 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk.

Tiket untuk KA Argo Dwipangga Tambahan tersebut akan segera dibuka penjualannya dalam waktu dekat. “Ada tambahan 400 seat KA Argo Dwipangga ekstra per hari yang akan segera dibuka penjualannya”.

Hari libur kenaikan Isa Almasih jatuh pada Kamis (5/5/2016) dan Isra Miraj Nabi Muhamad SAW pada Jumat (6/5/2016) yang bersambungan dengan libur Sabtu-Minggu banyak dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung. Diduga, hal ini membuat permintaan tiket KA cukup tinggi untuk keberangkatan tanggal-tanggal tersebut.

Setiap hari, untuk keberangkatan dari Jakarta ke tujuan Purwokerto, Yogya, Solo, Malang dan Surabaya atau sebaliknya tersedia 22 KA reguler dengan kapasitas 12.640 tempat duduk. Sedangkan keberangkatan dari Bandung ke arah timur atau sebaliknya menyediakan 9 KA reguler dengan kapasitas 3.950 tempat duduk.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…