Kesibukan arus balik mudik Lebaran 2015 di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (26/7/2015). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis) Kesibukan arus balik mudik Lebaran 2015 di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu (26/7/2015). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)
Selasa, 26 April 2016 16:08 WIB Irene Agustine/JIBI/Bisnis Ekonomi Share :

LEBARAN 2016
Jokowi: Tiap Tahun Harga Naik, Tahun Ini Kita Balik!

Lebaran 2016 akan jadi pembuktian apakah upaya pemerintah menurunkan harga jelang hari raya bisa berhasil.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kementerian terkait untuk mengantisipasi kenaikan harga barang-barang pokok jelang Idul Fitri atau Lebaran 2016 yang akan jatuh pada Juli mendatang. Presiden pun memberikan tantangan untuk membalikkan kebiasaan kenaikan harga tahun-tahun sebelumnya.

Dalam sambutan rapat terbatas, Presiden menginginkan harga daging sapi bisa ditekan di kisaran Rp80.000 menjelang Lebaran 2016. Selain itu, dia menginginkan beras tidak mengalami kenaikan yang signifikan mengingat hari raya kali ini berdekatan dengan panen raya.

“Tahun ke tahun harga selalu naik, tahun ini bagaimana harga-harga turun,” katanya dalam pembukaan ratas, di kantor Staf Presiden, Selasa (26/4/2016).

Dia mengatakan ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok dan bahan bakar minyak merupakan perhatian utama menjelang hari raya tahun ini. Selain itu, Kepala Negara menginstruksikan kementerian terkait untuk mengatasi masalah kemacetan dan akses angkutan lebaran yang memadai.

“Kami harapkan kemacetan yang jadi masalah klasik kita hilangkan,” ujarnya. Adapun, dia meminta mencari solusi untuk tidak terjadinya penumpukan antrian di gerbang tol saat masa mudik nanti.

“Dinegara-negara lain tidak ada pakai gerbang tol, langsung pakai aplikasi dengan sensorik yang tersambung dengan akun bank. Saya rasa model seperti itu bisa diterapkan,” jelasnya.

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….