Ilustrasi Puskesmas (JIBI/Solopos/Dok) Ilustrasi Puskesmas (JIBI/Solopos/Dok)
Selasa, 26 April 2016 21:40 WIB Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

LAYANAN KESEHATAN SUKOHARJO
DKK Bangun 6 Puskesmas Induk, Ini Daftarnya

Layanan kesehatan Sukoharjo, ada enam puskesmas induk yang dibangun DKK.

Solopos.com, SUKOHARJO--Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo berencana membangun enam puskesmas induk pada 2016. Hal itu dilakukan guna menyokong program akreditasi puskesmas dan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Guntur Subiyantoro, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (26/4/2016). Empat puskesmas induk di Sukoharjo bakal direhab total pada 2016. Keempat puskesmas induk itu yakni Puskesmas Kartasura, Polokarto, Mojolaban, dan Nguter.

“Pembangunan dua puskesmas induk tahap I yakni Puskesmas Baki dan Bulu sudah dikerjakan pada 2015. Tahun ini dilanjutkan pembangunan tahap II kedua puskesmas induk itu. Jadi total jumlah puskesmas induk yang dibangun enam puskesmas,” kata dia, Selasa (26/4/2016).

Menurut Guntur, pembangunan enam puskesmas induk ditargetkan rampung pada akhir tahun. Sehingga sarana dan prasarana kesehatan di setiap puskesmas memadai untuk menunjang pelayanan masyarakat. Pembangunan puskesmas di 12 kecamatan se-Sukoharjo dilakukan guna menyokong program akreditasi puskesmas.

Untuk mewujudkan akreditasi puskesmas, lanjut Guntur,  diperlukan sinergitas  antara pimpinan dengan seluruh pegawai di lingkungan puskesmas itu. Kolaborasi itu merupakan kunci untuk mewujudkan program akreditasi di puskesmas.

“Berbagai elemen akreditasi puskesmas harus tercapai mulai dari sarana dan prasarana memadai dan sinergitas pegawai di setiap puskesmas,” tutur Guntur.

Kendati puskesmas induk di Sukoharjo telah memadai, namun Guntur tetap mengalokasikan anggaran untuk renovasi sejumlah puskesmas pembantu (Pustu) di setiap kecamatan. Kondisi bangunan Pustu di beberapa kecamatan mendesak atau urgent untuk direnovasi.

Lebih jauh, Guntur menjelaskan bakal menambah tiga puskesmas induk di Kecamatan Kartasura, Grogol dan Mojolaban dalam waktu lima tahun mendatang. “Jumlah penduduk di ketiga kecamatan itu cukup banyak sehingga dibutuhkan tambahan puskesmas untuk mengkaver pelayanan kesehatan masyarakat,” terang dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…