Jatim
Selasa, 26 April 2016 - 23:05 WIB

HARI BURUH 2016 : Disnakertransos Bojonegoro akan Buka Posko May Day, untuk Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bari Buruh ilustrasi (hellaoccupyoakland.org)

Hari Buruh 2016 segera tiba, Disnakertransos Bojonegoro buka posko pengaduan May Day.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Hari Buruh Sedunia akan segera tiba. Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur berencana membuka posko pengaduan May Day untuk menampung aspirasi buruh di daerahnya.

Advertisement

“Kami akan membuka Posko May Day untuk menampung aspirasi buruh, dalam waktu dekat ini,” kata Kepala Disnakertransos Bojonegoro Adi Witjaksono, di Bojonegoro, Selasa (26/4/2016).

Dia mengatakan Posko May Day akan dimanfaatkan menampung aspirasi buruh, baik secara tertulis maupun datang langsung sebagai antisipasi Hari Buruh Sedunia, 1 Mei 2016.

“Sepanjang pengalaman tahun-tahun lalu bersamaan Hari Buruh Sedunia tidak pernah ada unjuk rasa yang dilakukan buruh,” jelas dia.

Advertisement

Meski demikian, ia tetap mengantisipasi terkait Hari Buruh Sedunia, dengan melakukan pendekatan kepada pimpinan perusahaan besar, yang mempekerjakan ribuan buruh.

“Pimpinan perusahaan tetap kami minta mewaspadai, kemungkinan ada rencana gerakan unjuk rasa elemen buruh untuk memperingati hari buruh sedunia,” tutur Adi.

Ia menekankan pimpinan perusahaan juga harus membangun dialog dan komunikasi dengan para buruh melalui unit kerja serikat pekerja/serikat buruh.

Advertisement

Selain itu, pimpinan perusahaan juga harus mengimbau para buruhnya tidak menggelar unjuk rasa, karena tidak ada manfaatnya. “Prinsipnya dalam dialog pimpinan perusahaan harus menampung aspirasi yang disampaikan buruhnya,” ucap dia.

Adi menerankan upah minimum kabupaten (UMK) 2016 di daerahnya, mencapai Rp1.461.000 per bulan, naik dibandingkan UMK tahun lalu yang hanya Rp1.280.000 per bulan.

“Sebenarnya kalau suatu daerah jarang ada buruh yang menggelar unjuk rasa, maka akan mampu menarik investor masuk,” kata dia.

Ia menambahkan memperoleh undangan dari Kanwil Disnakertransos Jawa Timur, yang akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Disnakertransos daerah terkait Hari Buruh Sedunia, Rabu (27/4/2016).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif