Jogja
Selasa, 26 April 2016 - 07:40 WIB

Gapoktan Bantul Tanam Varietas Padi Pepe di MT II

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petani menyemprot padi menjelang musim panen di Beran, Ngawi, Sabtu (23/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

Para petani sudah mulai mempersiapkan serta mengantisipasi terhadadap serangan hama dalam MT kedua.

 

Advertisement

 

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, BANTUL– Memasuki Masa Tanam (MT) kedua tahun 2016, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Bantul melakukan tindakan pencegahan terhadap hama wereng yang seperti menyerang banyak lahan mereka pada MT pertama lalu.

Ketua Gapoktan Gemah Ripah Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Munawar mengatakan para petani sudah mulai mempersiapkan serta mengantisipasi terhadadap serangan hama dalam MT kedua.

Advertisement

Menurutnya varietas padi pepe adalah varietas padi unggulan yang tahan dengan serangan hama dan cuaca yang ekstrim.

“Selain itu varietas tersebut juga merupakan salah satu penghasil atau yang memiliki produktivitas yang sangat bagus, dalam satu hektare lahan padi dengan varietas tersebut hasilnya mencapai sepuluh ton,” kata Munawar.

Dalam menghadapi musim yang tidak menentu para petani juga akan melakukan pola tanam yang berbeda. Hal demikian dilakukan sebagai antisipasi bencana angin besar yang akan menyebabkan padi ambruk.

Advertisement

“Pola tanam pada MT kedua juga berbeda, petani akan melakukan pola tanam jejer legowo empat, jika padi sudah layak panen dengan pola tanam tersebut sangat cocok, karena posisi padi akan susah ambruk dan mampu saling menopang satu sama lain,” ujarnya.

Sementara itu untuk pemupukan, pihaknya akan melakukan pemupukan seperti biasa, seperti pada MT sebelumnya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif