Ilustrasi perajin anyaman bambu (JIBI/Solopos/Antara/Jafkhairi) Ilustrasi perajin anyaman bambu (JIBI/Solopos/Antara/Jafkhairi)
Senin, 25 April 2016 02:20 WIB Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

USAHA KECIL
Pelaku Usaha di Gunungkidul Dilatih Inovasi Produk

Usaha kecil di Gunungkidul menjadi sasaran pelatihan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertambangan (Disperindagkoptam) Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertambangan (Disperindagkoptam) Gunungkidul, Mulat Martono, mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Gunungkidul.

Pelatihan tersebut antara lain dengan meningkatkan kualitas SDM maupun pelatihan untuk menciptakan inovasi terhadap sebuah produk. Namun pihak dinas masih terkendala anggaran yang dimiliki untuk memberikan pelatihan kepada puluhan ribu IKM yang ada di Gunungkidul.

“Di Gunungkidul tercatat ada sekitar 20.951 IKM, kami terus lakukan pelatihan tapi anggaran masih terbatas,” kata dia, Jumat (22/4/2016).

Selain itu ia juga mengatakan bahwa keinginan atau minat masyarakat untuk berkembang masih sangat kecil. Mereka masih takut untuk membuat persediaan produk dalam jumlah yang banyak (nyetok barang) sehingga mereka hanya bekerja atas dasar permintaan atau pesanan agar tidak rugi.

Tidak seperti  industri besar yang sudah berani dan mau bergerak maju untuk memanfaatkan peluang usaha. Mindset para pengrajin yang seperti itulah yang pihaknya usahakan untuk diperbaiki.

“Solusinya, selain memberikan pelatihan kami berikan sosialisasi untuk memberi keterbukaan pengetahuan mereka terkait dengan peluang usaha,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…