Ilustrasi perajin anyaman bambu (JIBI/Solopos/Antara/Jafkhairi) Ilustrasi perajin anyaman bambu (JIBI/Solopos/Antara/Jafkhairi)
Senin, 25 April 2016 02:20 WIB Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

USAHA KECIL
Pelaku Usaha di Gunungkidul Dilatih Inovasi Produk

Usaha kecil di Gunungkidul menjadi sasaran pelatihan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertambangan (Disperindagkoptam) Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertambangan (Disperindagkoptam) Gunungkidul, Mulat Martono, mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya telah memberikan pelatihan kepada sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Gunungkidul.

Pelatihan tersebut antara lain dengan meningkatkan kualitas SDM maupun pelatihan untuk menciptakan inovasi terhadap sebuah produk. Namun pihak dinas masih terkendala anggaran yang dimiliki untuk memberikan pelatihan kepada puluhan ribu IKM yang ada di Gunungkidul.

“Di Gunungkidul tercatat ada sekitar 20.951 IKM, kami terus lakukan pelatihan tapi anggaran masih terbatas,” kata dia, Jumat (22/4/2016).

Selain itu ia juga mengatakan bahwa keinginan atau minat masyarakat untuk berkembang masih sangat kecil. Mereka masih takut untuk membuat persediaan produk dalam jumlah yang banyak (nyetok barang) sehingga mereka hanya bekerja atas dasar permintaan atau pesanan agar tidak rugi.

Tidak seperti  industri besar yang sudah berani dan mau bergerak maju untuk memanfaatkan peluang usaha. Mindset para pengrajin yang seperti itulah yang pihaknya usahakan untuk diperbaiki.

“Solusinya, selain memberikan pelatihan kami berikan sosialisasi untuk memberi keterbukaan pengetahuan mereka terkait dengan peluang usaha,” kata dia.

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…