Jatim
Senin, 25 April 2016 - 19:05 WIB

STAIN PONOROGO : 5 Beasiswa Ini Tersedia untuk Mahasiswa STAIN Ponorogo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo STAIN Ponorogo (Twitter.com)

STAIN Ponorogo menyediakan lima program beasiswa yang bersumber dari anggaran pemerintah bagi mahasiswa.

Madiunpos.com, PONOROGO — Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo menyediakan lima jenis beasiswa bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus itu. Lima beasiswa tersebut khusus dibiayai oleh pemerintah.

Advertisement

Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan dan Alumni STAIN Ponorogo, Heru Bitono, mengatakan pada tahun 2016 ada lima jenis beasiswa bagi mahasiswa STAIN Ponorogo.

Kuota penerima beasiswa dari pemerintah pada tahun ini meningkat dibandingkan penerima beasiswa pada tahun lalu.

Advertisement

Kuota penerima beasiswa dari pemerintah pada tahun ini meningkat dibandingkan penerima beasiswa pada tahun lalu.

Heru memerinci untuk beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa STAIN Ponorogo yaitu program Beasiswa Supersemar dengan kuota tahun 2016 sebanyak sembilan mahasiswa.

Ada program beasiswa dari Kementerian Agama yaitu beasiswa bagi tahfidz Alquran dengan kuota sebanyak 57 mahasiswa.

Advertisement

Syarat untuk mendapatkan beasiswa tahfidz ini yaitu hafal Alquran, mendapatkan surat keterangan dari pondok pesantren, dan mendapat rekomendasi dari STAIN Ponorogo.

Heru menambahkan beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa STAIN lainnya yaitu beasiswa Bidikmisi. Pada tahun 2016 kuota penerima beasiswa Bidikmisi di STAIN Ponorogo yaitu 95 mahasiswa.

Jumlah ini naik dibandingkan kuota penerima pada tahun sebelumnya yang hanya 60 mahasiswa.

Advertisement

“Beasiswa bidikmisi masuk ke STAIN Ponorogo sejak 2013. Pada tahun 2013 kuotanya hanya 20 mahasiswa, 2014 kuotanya 10 mahasiswa, 2015 kuotanya 60 mahasiswa, dan pada 2016 kuotanya naik menjadi 95 mahasiswa. Jadi semakin banyak mahasiswa STAIN yang mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah tersebut,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (24/4/2016).

Lebih lanjut, bagi mahasiswa STAIN Ponorogo juga bisa mendapatkan beasiswa khusus bagi mahasiswa kurang mampu dengan kuota penerima 400 orang dengan nominal Rp1,2 juta/mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa yang memiliki prestasi juga berkesempatan mendapatkan beasiswa prestasi dengan kuota penerima sebanyak 150 orang dengan nilai Rp1,2 juta/mahasiswa.

Advertisement

“Itu merupakan beasiswa dari pemerintah. Selain beasiswa tersebut, mahasiswa STAIN juga bisa mendapatkan beasiswa dari lembaga swasta seperti dari Beasiswa Djarum, Bank Indonesia, Gudang Garam, dan lainnya,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif