Logo STAIN Ponorogo (Twitter.com) Logo STAIN Ponorogo (Twitter.com)
Senin, 25 April 2016 19:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

STAIN PONOROGO
5 Beasiswa Ini Tersedia untuk Mahasiswa STAIN Ponorogo

STAIN Ponorogo menyediakan lima program beasiswa yang bersumber dari anggaran pemerintah bagi mahasiswa.

Solopos.com, PONOROGO — Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo menyediakan lima jenis beasiswa bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus itu. Lima beasiswa tersebut khusus dibiayai oleh pemerintah.

Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan dan Alumni STAIN Ponorogo, Heru Bitono, mengatakan pada tahun 2016 ada lima jenis beasiswa bagi mahasiswa STAIN Ponorogo.

Kuota penerima beasiswa dari pemerintah pada tahun ini meningkat dibandingkan penerima beasiswa pada tahun lalu.

Heru memerinci untuk beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa STAIN Ponorogo yaitu program Beasiswa Supersemar dengan kuota tahun 2016 sebanyak sembilan mahasiswa.

Ada program beasiswa dari Kementerian Agama yaitu beasiswa bagi tahfidz Alquran dengan kuota sebanyak 57 mahasiswa.

Untuk beasiswa tahfidz Alquran , kata Heru, ada tiga kriteria yaitu hafal Alquran 30 juz mendapatkan beasiswa senilai Rp2 juta/tahun, hafal Alquran 20 juz mendapatkan beasiswa senilai Rp1,5 juta/tahun, dan halaf Alquran 10 juz mendapatkan Rp1 juta.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa tahfidz ini yaitu hafal Alquran, mendapatkan surat keterangan dari pondok pesantren, dan mendapat rekomendasi dari STAIN Ponorogo.

Heru menambahkan beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa STAIN lainnya yaitu beasiswa Bidikmisi. Pada tahun 2016 kuota penerima beasiswa Bidikmisi di STAIN Ponorogo yaitu 95 mahasiswa.

Jumlah ini naik dibandingkan kuota penerima pada tahun sebelumnya yang hanya 60 mahasiswa.

“Beasiswa bidikmisi masuk ke STAIN Ponorogo sejak 2013. Pada tahun 2013 kuotanya hanya 20 mahasiswa, 2014 kuotanya 10 mahasiswa, 2015 kuotanya 60 mahasiswa, dan pada 2016 kuotanya naik menjadi 95 mahasiswa. Jadi semakin banyak mahasiswa STAIN yang mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah tersebut,” kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (24/4/2016).

Lebih lanjut, bagi mahasiswa STAIN Ponorogo juga bisa mendapatkan beasiswa khusus bagi mahasiswa kurang mampu dengan kuota penerima 400 orang dengan nominal Rp1,2 juta/mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa yang memiliki prestasi juga berkesempatan mendapatkan beasiswa prestasi dengan kuota penerima sebanyak 150 orang dengan nilai Rp1,2 juta/mahasiswa.

“Itu merupakan beasiswa dari pemerintah. Selain beasiswa tersebut, mahasiswa STAIN juga bisa mendapatkan beasiswa dari lembaga swasta seperti dari Beasiswa Djarum, Bank Indonesia, Gudang Garam, dan lainnya,” jelas dia.

lowongan pekerjaan
PT. SARANA SURAKARTA VENTURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…