Vespa 50 Special 1964 hasil restorasi. (Liputan6.com) Vespa 50 Special 1964 hasil restorasi. (Liputan6.com)
Senin, 25 April 2016 23:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Modifikasi Share :

SEPEDA MOTOR VESPA
Hidupkan Bangkai Vespa Jadi Normal, Semahal Apa?

Sepeda motor Vespa hasil restorasi memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Solopos.com, JAKARTA — Bagi para pencinta sepeda motor Vespa klasik, salah satu cara untuk memiliki skuter Italia itu adalah dengan cara membeli ”bangkai” dan merestorasinya. Tetapi berapa kira-kira dana yang dibutuhkan?

Menurut pemilik bengkel Aceng Scooter Jakarta, Deday estimasi paling murah untuk menghidupkan bangkai sepeda motor Vespa adalah Rp800.000. Tetapi itu sekadar membuat mesin hidup, belum termasuk harga bangkai dan biaya merestorasi.

”Estimasinya Rp800.000 standarnya, itu mengganti laher, seal, piston, dan bandul. Perkiraannya satu minggu. Itu sekali lagi estimasi, perkiraan. Jadi harus lihat persis kondisi barangnya dulu,” ungkap Deday seperti dilansir laman Liputan6, Senin (25/4/2016).

Sedangkan untuk melakukan restorasi, besaran biayanya beragam dan tidak ada batasan maksimum kecuali si empu ingin menyudahi proyeknya.
Salah satunya dituturkan oleh Rino, pemilik Vespa 50 Special 1964 hasil restorasi. Ia mengaku membangun Vespa berkelir oranye miliknya selama setahun dengan biaya sebesar Rp35 juta. Meski begitu mesin yang digunakan bukan orisinal.

”Ini Vespa Special tahun 1964, dulu dapatnya bahan kalau enggak salah cuma Rp9,5 juta. Terus restore ulang semua, bangun kayak gini satu tahun. Mesin bawaan standar 50 cc diganti pakai 136 cc Malossi. Mesin aslinya saya simpan,” tuturnya.

Sementara itu Andre dari bengkel Wolf Project Jakarta, ia mengaku telah menghabiskan dana Rp22 juta untuk membangun Vespa SS90. Tetapi bahan yang digunakan bukanlah asli SS90, namun tingkat kemiripan hasilnya mencapai 90 persen.

”Replika SS90 ini basisnya pakai Vespa PTS 90. Ini hand made semuanya, waktu itu habis Rp22 juta. Bikin ini kerja sama dengan orang Bandung,” papar Andre.

Sebagai informasi, sepeda motor Vespa SS90 merupakan skuter sport yang diproduksi antara 1965 hingga 1971. Ciri khas skuter itu adalah hadirnya tangki bensin dan ban serep di bagian tengah dashboard.

PT.INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…