Logo SBMPTN (DokJIBI/Solopos) Logo SBMPTN (DokJIBI/Solopos)
Senin, 25 April 2016 15:40 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

SBMPTN 2016
Panitia Lokal UNS Solo Belum Bisa Cek Data Pendaftar, Ini Alasannya

SBMPTN 2016, panitia lokal SBMPTN UNS Solo belum bisa mengecek data pendaftar.

Solopos.com, SOLO–Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 dibuka mulai Senin (25/4/2016). Di hari pertama pendaftaran, Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo belum bisa mengakumulasi jumlah pendaftar lantaran password untuk membuka belum diberikan oleh panitia pusat SBMPTN 2016.

Hal tersebut diakui Sekretaris Panitia SPMB UNS Solo, Sunardi, ketika ditemui wartawan di Sekretariat SPMB UNS, Senin. “Untuk saat ini data jumlah pendaftar belum bisa diketahui karena password untuk membuka belum diberikan,” ungkap Sunardi.

Sunardi menjelaskan Panitia SPMB UNS tidak membuka pendaftaran SBMPTN 2016 secara langsung karena pendaftaran dilakukan secara online. Namun pihaknya siap menerima calon pendaftar SBMPTN yang datang ke Sekretariat SPMB jika ingin meminta keterangan atau penjelasan seputar SBMPTN tersebut. Pihaknya juga siap membantu calon pendaftar bila mengalami kesulitan mengakses online pendaftaran.

“Kami menyiapkan diri untuk menerima para calon yang meminta keterangan tentang SBMPTN dan membantu bila ada kesulitan mengakses online pendaftaran,” imbuhnya.

Namun Senin tersebut, hingga siang hari, dia mengakui belum ada keluhan, pengaduan ataupun calon pendaftar yang meminta bantuan terkait pelaksanaan SBMPTN 2016. Sunardi memperkirakan hal itu karena awal-awal pendaftaran dibuka jumlah pendaftar relatif masih sedikit. Terlebih karena pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN) 2016 dijadwalkan 10 Mei 2016.

“Seperti halnya tahun-tahun lalu, biasanya pada awal jadwal pendaftaran SBMPTN pendaftar memang masih sedikit. Kalaupun ada, biasanya mereka lulusan SMA/SMK tahun sebelumnya yang belum diterima. Sedang lulusan tahun ini biasanya masih menunggu hasil pengumuman SNMPTN yang dijadwalkan 10 Mei 2016,” katanya.

Para lulusan SMA/SMK sederajat memiliki kesempatan untuk mempersiapkan persyaratan hingga sekitar sebulan, mengingat masa pendaftaran SBMPTN dijadwalkan hingga 20 Mei mendatang, hingga pukul 22.00 WIB.

Sebagaimana diketahui, biaya pendaftaran SBMPTN 2016 ini naik hingga sebesar 100 persen. Tahun lalu pendaftar hanya dipungut senilai Rp100.000, kali ini biayanya mencapai Rp200.000.

Selain biaya pendaftaran yang naik, Ketua Panitia SPMB UNS, Sutarno, menyebutkan untuk UNS, jumlah kuota jalur SBMPTN tahun ini juga dinaikkan menjadi sekitar 40 persen, dari tahun lalu hanya sekitar 30 persen dari jumlah yang diterima di UNS.

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…