Teknologi
Senin, 25 April 2016 - 22:35 WIB

OS TERBARU : Android N Bisa Diunduh di Sony Xperia Z3

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Android N di Xperia Z3 (Gsmarena)

OS terbaru Android N Developer Preview sudah bisa digunakan di Sony Xperia Z3.

Solopos.com, SOLO — Pengguna smartphone lawas Sony Xperia Z3 bisa ikut senang karena bisa mengunduh operating system (OS) terbaru Android N Developer Preview.

Advertisement

Sebelumnya, seperti dikutip dari Gsmarena, Sabtu (25/4/2016), OS terbaru Android N Preview hanya bisa digunakan di Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 6P dan Nexus 9. Namun, tapi vendor asal Jepang, Sony dan raksasa teknologi Google, sepakat menghadirkan Android N di Xperia Z3.

Pengguna smartphone lawas Sony Z3 bisa mengunduh pembaruan OS terbaru Android N secara manual. Tapi OS Android N hanya tersedia di Xperia Z3, varian Xperia Z4 dan Xperia Z5 bahkan tidak mendapatkannya.

Google menyematkan fitur 3D Touch di OS terbaru Android N. 3D Touch populer sejak Apple menyematkannya di Iphone 6S tahun lalu. Seperti dikutip dari 9to5google, Senin, Google memang belum memberi nama fitur mirip 3D Touch di OS terbaru Android N.

Advertisement

Tapi menurut kabar yang beredar, kemampuannya tidak akan jauh berbeda dari 3D Touch. Google menyatakan saat ini banyak vendor ponsel Android menyematkan fitur mirip 3D Touch. Tapi fitur 3D Touch di ponsel Android belum terhubung dengan sistem operasi. Saat ini 3D Touch bikinan Google sudah bisa digunakan di Android N developer preview kedua.

Google memang belum mengumumkan nama dan nomor seri OS terbaru Android N. Tapi Android N kemungkinan memiliki nomor versi 7.0. Hal itu karena Android Marshmallow menggunakan nomor versi 6.0.

Ada rumor yang mengatakan huruf N pada OS terbaru Android N adalah Nori. Makanan Nori berasal dari Jepang yang merupakan snack rumput laut. Walau faktanya banyak orang yang mengira nantinya Android versi baru ini akan memakai nama selai terkenal Nutella.

Advertisement

Selebihnya secara resmi Google belum berpendapat apakah Nori itu benar akan dipakai untuk OS terbaru Android N atau tidak. Namun, sebagian orang berpendapat Android 7.0 Seaweed terdengar aneh dibandingkan versi-versi sebelumnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif