Ilustrasi jalan tol (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi jalan tol (JIBI/Solopos/Dok.)
Senin, 25 April 2016 16:15 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

LAYANAN JALAN TOL
Pemerintah Satukan Sistem Pembayaran Tol Jakarta-Brebes Timur

Layanan jalan tol, pemerintah menggabungkan pembayaran tol Jakarta hingga Brebes Timur.

Solopos.com, SUBANG–Pemerintah memastikan mengintegrasikan sistem pembayaran jasa jalan tol dari Jakarta hingga Brebes Timur (Jawa Tengah) menjadi satu.

“Ini instruksi Menteri PUPR dan akan berlaku mulai 13 Juni 2016,” kata Kepala Bagian Umum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mahbullah Nurdin seperti dilansir Antara, Senin (25/4/2016).

Nurdin mengakui kebijakan tersebut memang tidak ada dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), namun demi pelayanan yang lebih baik kepada pengguna jalan tol maka hal itu dilakukan.

“Semangatnya adalah peningkatan pelayanan agar pengguna jalan tol terhindar dari kemacetan, lebih lancar karena untuk transaksinya lebih sederhana,” katanya.

Artinya, lanjut dia, pengguna jalan tol nantinya dari Jakarta hingga Palimanan hanya ambil tiket di gerbang tol Cikarang Utama, Jakarta-Cikampek, lalu membayar tarif tolnya di gerbang tol Palimanan.

“Itu untuk kelompok (klaster) pertama dari Jakarta hingga Palimanan dan kelompok kedua adalah Palimanan-Brebes Timur,” katanya.

Investasi baru kebijakan baru itu, kata Direktur Operasi PT Jasa Marga Tbk Christantio Prihambodo, sangat didukung oleh Badan Usaha Jalan Tol.

“Meski untuk ini harus ada investasi baru mulai dari pengadaan gardu hingga update teknologi sekitar Rp10 miliar” katanya.

Pengkinian yang dimaksud adalah, Jasa Marga harus menambah kapasitas alat baca di gardu tol sehingga bisa membaca hampir semua alat pembayaran elektronik.

“Dengan sistem ini, tarif tol Jakarta-Palimanan Rp109.500 untuk golongan satu,” katanya.

Tarif sebesar itu terdiri atas Rp13.000 untuk tol Jakarta-Cikampek milik PT Jasa Marga dan sisanya Rp98.500 untuk tol Cikopo-Palimanan milik PT Lintas Marga Sedaya (operator tol Cikampek-Palimanan/Cipali).

Sedangkan untuk tarif kelompok Palimanan-Brebes Timur, tambahnya, belum bisa diumumkan besaran tarifnya karena ada beberapa ruas yang belum ada tarifnya karena masih dalam taraf uji coba operasi.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…