Jogja
Senin, 25 April 2016 - 15:20 WIB

JALAN RUSAK : Biaya Pemeliharaan Jalan di Jogja Butuh Rp1 Miliar Per Km Per Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jalan AM Sangaji Jogja pecah aspal usai hujan deras, Rabu (23/3/2016). (Gilang jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Jalan rusak di Jogja mendapatkan anggaran Rp15 miliar untuk perbaikan

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Permukiman, Sarana dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja, tahun ini, mendapat bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum sebesar Rp18 miliar untuk memperbaiki kerusakan jalan di Kota Jogja.

Advertisement

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga, Kimpraswil Kota Jogja, Sigit Setiawan mengatakan sejak enam tahun terakhir baru kali ini intansinya mendapat bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk perbaikan jalan. Bantuan tersebut diakuinya sangat membantu mengingat anggaran perbaikan jalan yang dianggarkan dari APBD Kota Jogja masih minim.

Tiap tahun hanya Rp15 miliar hingga Rp18 miliar anggaran untuk jalan dari APBD. “Sementara biaya pemeliharaan jalan idealnya dianggarkan Rp1 miliar per kilometer per tahun,” kata Sigit, saat dtemui di kantornya, Jumat (22/4/2106).

Namun demikian pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena kemampuan APBD yang terbatas.

Advertisement

Ia mengatakan bantuan RP18 miliar rencananya akan digunakan untuk memperbaiki jalan rusak di Kota Jogja yang totalnya mencapai 31 kilometer dari total 247 kilometer panjang jalan di Kota Jogja. Sepanjang 71 kilometer dalam kondisi sedang, dan 147 kilometer dalam kondisi baik. Saat ini dana perbaikan jalan sudah mulai tahap lelang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif