Ilustrasi gamelan (Jambitourism.co.id) Ilustrasi gamelan (Jambitourism.co.id)
Minggu, 24 April 2016 17:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

WISATA BOJONEGORO
Disbudpar Adakan Gelar Budaya Sedulur Sikep Samin

Wisata Bojonegoro ini terkait gelar budaya Sedulur SIkep Samin.

Solopos.com, BOJONEGORO -Wisata Bojonegoro akan diramaikan dengan penyelenggaraan gelar budaya Sedulur Sikep Samin yang difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat.

Event itu dilaksanakan sebagai usaha mengangkat budaya komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro.

“Penampilan budaya Sedulur Sikep Samin, dalam pergelaran, selain akan membawakan gending-gending Jawa, juga tari dan lawak,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Budaya Disbupdar Bojonegoro Suyanto di Bojonegoro, Sabtu (23/4/2016).

Menurut dia, pergelaran budaya Sedulur Sikep Samin bakal melibatkan sekitar 30 warga, semuanya dari komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo. Mereka dipimpin Hardjo Kardi, 74, trah terakhir pelopor ajaran Samin, Samin Surosentiko.

Selain itu, peralatan gamelan yang dimanfaatkan dalam pergelaran hasil karya Hardjo Kardi. “Peralatan gamelan itu dibuat sendiri Hardjo Kardi, tanpa bantuan orang lain, bahkan termasuk untuk melaras [menyetel],” terang Suyanto.

Dia menambahkan penampilan pergelaran budaya Sedulur Sikep Samin itu merupakan usaha untuk mengangkat budaya komunitas Samin di Dusun Jepang.

Apalagi, katanya, Disbudpar juga akan mengembangkan Dusun Jepang, yang menjadi komunitas Samin, sebagai lokasi wisata budaya.

Rencananya, lanjut dia, di Dusun Jepang akan dibangun sebuah patung separuh badan Ki Samin Surosentiko. Patung itu akan ditempatkan di atas tanah Perhutani di jalan masuk ke dusun setempat.

“Untuk melengkapi Disbudpar juga menyusun buku yang berisi perjuangan Ki Samin Surosesentiko, bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta,” ungkap Suyanto.

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…