Jatim
Minggu, 24 April 2016 - 17:05 WIB

WISATA BOJONEGORO : Disbudpar Adakan Gelar Budaya Sedulur Sikep Samin

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gamelan (Jambitourism.co.id)

Wisata Bojonegoro ini terkait gelar budaya Sedulur SIkep Samin.

Madiunpos.com, BOJONEGORO -Wisata Bojonegoro akan diramaikan dengan penyelenggaraan gelar budaya Sedulur Sikep Samin yang difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat.

Advertisement

Event itu dilaksanakan sebagai usaha mengangkat budaya komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro.

“Penampilan budaya Sedulur Sikep Samin, dalam pergelaran, selain akan membawakan gending-gending Jawa, juga tari dan lawak,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Budaya Disbupdar Bojonegoro Suyanto di Bojonegoro, Sabtu (23/4/2016).

Menurut dia, pergelaran budaya Sedulur Sikep Samin bakal melibatkan sekitar 30 warga, semuanya dari komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo. Mereka dipimpin Hardjo Kardi, 74, trah terakhir pelopor ajaran Samin, Samin Surosentiko.

Advertisement

Selain itu, peralatan gamelan yang dimanfaatkan dalam pergelaran hasil karya Hardjo Kardi. “Peralatan gamelan itu dibuat sendiri Hardjo Kardi, tanpa bantuan orang lain, bahkan termasuk untuk melaras [menyetel],” terang Suyanto.

Dia menambahkan penampilan pergelaran budaya Sedulur Sikep Samin itu merupakan usaha untuk mengangkat budaya komunitas Samin di Dusun Jepang.

Apalagi, katanya, Disbudpar juga akan mengembangkan Dusun Jepang, yang menjadi komunitas Samin, sebagai lokasi wisata budaya.

Advertisement

Rencananya, lanjut dia, di Dusun Jepang akan dibangun sebuah patung separuh badan Ki Samin Surosentiko. Patung itu akan ditempatkan di atas tanah Perhutani di jalan masuk ke dusun setempat.

“Untuk melengkapi Disbudpar juga menyusun buku yang berisi perjuangan Ki Samin Surosesentiko, bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta,” ungkap Suyanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif