Bentuk AC yang dibuat sendiri. (Istimewa/Youtube)
Minggu, 24 April 2016 11:45 WIB JIBI/Solopos.com/Liputan6 Fokus Share :

TIPS LIFEHACK
Cara Bikin AC dari Styrofoam, Pipa, dan Kipas Angin

Tips lifhack kali ini membahas cara membuat pendingin ruangan sendiri.

Solopos.com, SOLO – Video turorial lifehack membuat pendingin ruangan atau AC dari alat rumah tangga telah mencuri perhatian netizen. Video ini mengajarkan bagaimana cara membuat AC DIY menggunakan pendingin sederhana dan beberapa item lainnya.

Dilansir elitereaders.com, Jumat (22/4/2016), akun berbagi tips lifehack @desertsun02 mengunggah sebuah video bagaimana cara membuat air conditioner (AC). Dengan alat ini nantinya kamu akan merasakan ruangan yang dingin tanpa harus membeli AC atau menghabiskan biaya besar untuk tagihan listrik kamu.

Untuk membuat pendingin ruangan ini, kamu hanya memerlukan sebuah balok es, styrofoam, pipa PVC dan kipas angin kecil. Jika kamu memiliki panel surya, maka kamu juga dapat menggunakannya.

@desertsun02 mengatakan ada beberapa cara untuk menyalakan AC buatan sendiri ini, kamu bisa menyambungkannya pada panel surya atau menggunakan baterai. Balok es yang berada dalam kotak juga akan bertahan selama 5 jam, jika memakai balok besar mungkin bisa bertahan hingga 10 jam.

Nah, jika kamu ingin meninggalkan musim panas ini dan kamu punya sedikit waktu luang, maka kamu harus mencoba proyek DIY ini. Selamat mencoba.

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…