Jatim
Minggu, 24 April 2016 - 19:05 WIB

MUDIK LEBARAN 2016 : Pendaftaran Layanan Angkut Motor Gratis Dibuka, Ini Syaratnya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Mudik Lebaran 2016 ini telah dibuka untuk pengangkutan sepeda motor secara gratis.

Madiunpos.com, SURABAYA – Pendaftaran angkutan motor secara gratis untuk Lebaran 2016 telah dibuka, bertempat di Kantor Ekspedisi PT Lintas Nusantara Persada (PT LNP), Komplek Pergudangan Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Babat, Jawa Timur.

Advertisement

“Pendaftaran angkutan motor gratis Lebaran 2016 ini sudah bisa dilakukan masyarakat mulai Kamis [21/4/2016] kemarin, dan kita batasi hingga 8 hari sebelum keberangkatan, yakni tanggal 10-16 Juli 2016,” ucap Manager Humas Daops VIII Surabaya Suprapto, di Surabaya, Jumat (22/4/2016).

Ia mengatakan masyarakat yang ingin mendaftar harus membawa kartu identitas berupa KTP, SIM, dan STNK asli yang masih berlaku, serta wajib menunjukkan tiket balik menggunakan kereta api atau bus, dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga.

Selanjutnya, kata Suprapto, nama pengirim harus sama dengan nama pemilik sepeda motor yang tertera di tiket yang sesuai dengan STNK.

Advertisement

Kkemudian dilakukan penyerahan sepeda motor untuk proses pengepakan dan pengangkutan ke dalam gerbong kereta bagasi yang akan dilakukan PT KAI Daops VIII Surabaya pada H-1 atau 1 hari sebelum pemberangkatan.

“Kereta api angkutan motor gratis dari Daops VIII Surabaya ini akan dioperasikan selama tujuh hari operasi, yakni mulai tanggal 10 sampai 16 Juli 2016, dengan menggunakan satu rangkaian KA barang yang membawa 7 gerbong bagasi, dengan kapasitas angkut 58 motor,” kata dia.

Suprapto menerangkan jadwal tujuan angkutan motor gratis antara lain Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan serta Stasiun Jakarta Gudang.

Advertisement

Penyelenggaraan angkutan motor gratis ini, kata Suprapto, dilakukan dengan kerja sama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Kegiatan angkutan gratis ini dilakukan setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan hal yang sama pada masa angkutan Lebaran 2014 dan 2015 lalu. Sementara untuk Daop VIII Surabaya, ini adalah untuk pertama kalinya melayani hal itu,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menetapkan masa angkutan Lebaran pada 2016 untuk angkutan kereta api dimulai pada tanggal 24 Juni 2016 sampai 17 Juli 2016.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif