Aksi Simpatik yang digelar KIP DIY (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja) Aksi Simpatik yang digelar KIP DIY (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)
Minggu, 24 April 2016 04:20 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Komisi Informasi Nilai DIY Terbuka, Tapi ..

Komisi informasi memiliki cara memperingati Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) yang 30 April

Solopos.com, JOGJA— Komisi Informasi Provinsi (KPI) DIY mengajak masyarakat sadar akan hak mengakses informasi dari lembaga pemerintahan. Mereka menggelar aksi simpatik di kawasan Titik Nol Sabtu (23/4/2016).

Ketua KIP DIY Hazwan Iskandar Jaya mengatakan sosialisasi ini sekaligus menyambut Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) yang 30 April mendatang. Lewat aksi ini dia berharap masyarakat semakin mengetahui bahwa mereka mrmiliki hak untuk tahu dan hak mengakses informasi yang berkaitan dengan program pemerintah.

“Pemerintah itu baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif, kenapa harus dibuka? Agar badan publik terutama yang melayani langsung masyarakat bisa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” papar dia.

Hazwan menambahkan kondisi di DIY saat ini lembaga pemerintahan sudah cukup terbuka. Hanya saja budaya ewuh pekewuh masih kental dan orang masih enggan berkonflik untuk menuntut keterbukaan informasi.

“Padahal dengan keterbukaan informasi masyarakat bisa ikut mengawasi pemerintah, terutama soal anggaran untuk menghindari praktik KKN,” imbuh Hazwan.

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY  Arif Noor Hartanto menuturkan setiap warga negara berhak mendapatkan informasi yang obyektif dan valid dari badan publik. Badan publik juga harus bisa menyampaikan informasi yang oenting bagi masyarakat.

“Keterbukaan informasi bukan ancaman, jadi saya meminta aeluruh lembaga publik untuk mulai membuka informasi publik bagi masyarakat,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. SARANA SURAKARTA VENTURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…