Kebakaran di Lapas Banceuy (Twitter.com/@diskar_bdg) Kebakaran di Lapas Banceuy (Twitter.com/@diskar_bdg)
Minggu, 24 April 2016 13:00 WIB JIBI/Solopos/Newsroom Hukum Share :

KERUSUHAN LP BANCEUY
Undang Kosim Dibunuh Atau Gantung Diri? Autopsi Diumumkan Siang Ini

Kerusuhan LP Banceuy dipicu kematian Undang Kosim alias Abah. Hasil autopsi segera diumumkan siang ini.

Solopos.com, DENPASAR — Seorang napi yang dikenal bernama Undang Kosim alias Abah tewas di Lembaga Pemasyarakat (LP) Banceuy dan menjadi pemicu kerusuhan. Menurut para napi, dia dianiaya hingga tewas oleh sipir. Namun versi sipir LP, Abah tewas bunuh diri. Siapa yang benar?

Sebelumnya, Undang Kosim dibawa ke ruang isolasi LP Banceuy karena dicurigai melakukan transaksi narkoba dari luar lapas. Peristiwa berawal saat petugas memeriksa napi karena dicurigai membawa narkoba. Pasalnya, pada Jumat (22/4/2016) siang, petugas melihat seorang napi memegang plastik berwarna hitam.

Lalu penggeledahan dilakukan, namun tidak ditemukan barang bukti yang sebelumnya dicurigai. Petugas pun memeriksa 7 orang dan satu di antaranya positif narkoba. Namun napi ini tidak mau mengaku sehingga dibawa masuk ke sel isolasi. Salah seorang yang dibawa ke isolasi adalah Abah.

Pada sekitar pukul 24.00 WIB, petugas disebut baru mengetahui salah satu napi yang berada di sel isolasi tewas gantung diri. Kabar inilah yang menjadi pemicu amukan ratusan napi Lapas Banceuy. Para napi menduga Abah tewas dianiaya sipir. Sementara versi sipir, Abah tewas gantung diri.

Menkum HAM Yasonna Laoly menegaskan, penyebab kematian Abah akan diketahui sore ini. Dia sudah mendapatkan hasil autopsi dari kepolisian. “Saya mendengar ada perkembangan baru tentang autopsi napi yang meninggal, hari ini saya akan rapat dengan seluruh jajaran siang ini pukul 14.00 WIB di kantor,” kata Yasonna di sela acara Rakor Kemaritiman PDIP di Mercure, Jakarta Utara, Minggu (24/4/2016).

“Kita tunggu hasil autopsi. Saya udah bilang kemarin keluarga almarhum boleh menghubungi polisi untuk tau hasil visum seperti apa. Sudah sejak awal bilang jangan bermain-main melawan hukum,” jawabnya. Hasil autopsi rencananya akan diumumkan hari ini pukul 14.30 WIB di kantor Kemenkum HAM.

Sebelumnya, setelah kerusuhan, 5 petugas LP Banceuy dan 7 napi yang diduga menjadi provokator kerusuhan telah diperiksa polisi. “Masih kita dalami sampai saat ini. Kita autopsi, kan nanti melalui forensik juga,” ucap Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Jodie Rooseto ketika dihubungi Detik, Sabtu (23/4/2016).

Autopsi yang dilakukan terhadap jenazah Undang itu dilakukan di RS Bhayangkara Sartika Asih, Bandung. Mendengar kedua versi itu, Kapolda Jawa Barat masih menunggu pemeriksaan serta autopsi yang dilakukan terhadap jenazah Undang. “Masih kita dalami sampai saat ini,” tegas Jodie.

lowongan pekerjaan
PENGAWAS&ESTIMATOR, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…