Kebaya Mbok Jum dari Lemari Lila (JIBI/Harian Jogja/dok. Lemari Lila) Kebaya Mbok Jum dari Lemari Lila (JIBI/Harian Jogja/dok. Lemari Lila)
Minggu, 24 April 2016 07:20 WIB Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARI KARTINI
Kebaya Klasik Tampil Lebih Modis

Hari Kartini identik dengan kebaya.

Solopos.com, JOGJA-Hari Kartini sudah lewat tapi euforia busana tradisional, seperti kebaya masih hangat jadi perbincangan di dunia maya. Bukan berarti setelah momen ini usai, kebaya favorit yang disimpan rapi di dalam lemari atau menunggu dipakai lagi saat kondangan.

Kebaya dapat dieksplorasi ke berbagai gaya kasual yang pastinya tetap dapat dipakai sehari-hari. Salah satu kebaya yang kudu wajib kamu punya, kebaya kutu baru. Modelnya yang simpel dapat dikolaborasikan dengan item fashion lain sesuai momen yang mau kamu datangi.

Fashion Creator Jogja, Lila Imelda Sari mengatakan, pada dasarnya kebaya tidak melulu dikenakan di acara-acara formal dan di kondangan saja. Apabila bisa mengeksplor berbagai gaya dengan kebaya dan kain tradisional, maka kebaya bisa dikenakan dalam acara apapun.

“Sampai saat ini, masih ada orang yang menganggap bahwa pakai kebaya dan kain tradisional itu kelihatan tua dan kuno. Kok, kayak mbok-mbok, ya,” ujar Lila, Kamis (21/4/2016).

Lila mengatakan, tidak ada salahnya mengenakan kebaya dengan dipadupadankan beberapa item modern. Sebut saja, jeans, mini skirt hingga gaya busana hijab. Menurut Lila, mengolaborasikan busana tradisional dengan gaya yang lebih modern itu akan membuat tampilan lebih mengasyikkan.

“Justru lebih asyik [gaya] tidak perlu melihat aturan gaya. Paling penting jadi diri sendiri saja, karena menurutku berkebaya itu identitas diri. Seperti wanita Jepang berkimono, tidak hanya di acara tradisi, tetapi tetap bisa pakai boots atau item fashion yang lain,” imbuh pemilik butik Lemari Lila ini.

Ekspresikan Gaya Kebayamu

Berbagai gaya dengan kebaya sudah mulai banyak berkembang. Beberapa artis juga sudah banyak yang memberikan inspirasi tentang penggunaan dan model kebaya yang lebih simpel dan modern, namun tetap modis dan tidak keluar dari ciri khas busana tradisional ini.

Sebut saja, AgnezMo yang sering menampilkan busana tradisional khas Jawa ini dalam setiap acara musik Amerika yang dikunjunginya. Bahkan dalam beberapa konsernya, pelantun Coke in the Bottle ini seringkali kali tampil anggun dengan balutan kebaya dalam setiap aksinya di panggung. Nah, berikut beberapa artis lain yang menampilkan kebaya dengan gaya yang berbeda, tapi tampak good looking dan bisa menginspirasi.

Shaby Chic Kebaya ala Cinta Laura Kiehl
Ajang perhelatan Piala Oscar 2014 lalu, publik Hollywood terkesima dengan keanggunan gaun yang ditampilkan Cinta Laura Kiehl. Mini dress kebaya dengan potongan lengan pendek berwarna merah ini menyatu dengan batik berpola klasik. Kebaya enggak selalu harus dibuat top fit, tetapi bisa juga dibuat mini dress dengan kolaborasi kain tradisional yang menawan.

Simple Anggun ala Aura Kasih
Kebaya kutu baru bermotif burung dengan warna krem pastel tampak elegan dikenakan Aura Kasih. Dipadu dengan mini skirt bergaya flare memberi kesan kebaya tak selalu harus formal tapi bisa juga tampil simple dan kasual. Dijamin dengan gaya ini, kamu tetap bisa ngehits saat hangout bareng teman-teman kamu.

Kebaya Klasik Mbok Jum
Koleksi kebaya dari Butik Lemari Lila belakangan juga menjadi tren busana kasual klasik. Kebaya kutu baru dengan potongan klasik namun tetap bisa tampak dinamis dengan gaya masa kini. Kebaya ini lebih fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai item busana.

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…