Soloraya
Sabtu, 23 April 2016 - 13:25 WIB

PNS SOLO : Bantah Ada PNS Siluman, Pemkot: Tiga PNS Sempat Tak Terdata

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

PNS Solo dipastikan tidak ada yang siluman atau tak terdata.

Solopos.com, SOLO — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo menjamin bebas keberadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ‘siluman’ di lingkup Pemkot setempat.

Advertisement

Meski, sebelumnya tiga PNS sempat terdeteksi tidak mengisi ulang datanya lewat program Pendataan Ulang PNS secara elektronik (E-PUPS). Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan BKD Solo, Lancer S. Naibaho mengatakan kasus temuan ketiga PNS itu terjadi karena yang bersangkutan tidak mengisi ulang datanya lewat program E-PUPNS.

“Ada tiga PNS sempat tidak masuk data. Kami lalu mencarinya. Setelah kami cek ternyata ketiganya sengaja tidak mengentri lagi data, karena merasa mau pensiun. Lalu kami minta mereka tetap memasukkan data karena masih tetap sebagai PNS aktif. Nanti ada tahapan sendiri untuk administrasi pensiunan,” kata Lancer ketika dijumpai wartawan di kantor BKD, Jumat (22/4/2016).

Lancer mengklaim pendataan PNS Solo tidak ada masalah. Dia memastikan bahwa Solo bebas dari PNS ‘siluman’.

Advertisement

Sebagaimana data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan ada 57.000 PNS ‘siluman’ tersebar di Indonesia. Lancer mengatakan seluruh daftar PNS Pemkot tervalidasi seluruhnya. Dari pendataan kepegawaian yang dilakukan terakhir, telah dipastikan seluruh PNS teregistrasi datanya serta tidak ada satupun dari mereka dipastikan ada dan bekerja pada posisi penempatan masing-masing.

Kepala BKD Solo, Hari Prihatno mengatakan peluang PNS ‘siluman’ di Pemkot sangat kecil. Mengingat pembayaran gaji maupun tunjangan tambahan penghasilan disesuaikan berdasarkan presensi PNS melalui finger print yang terkoneksi dengan BKD. Selain itu, verifikasi data PNS dilakukan secara ketat.

“Ada empat tahap verifikasi. dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BKD Solo, BKN Regional serta BKN Pusat. Jadi tidak mungkin ada yang ‘siluman’ di Solo,” kata Hari.
Apalagi, Hari mengatakan hingga kini belum ada permintaan dari BKN untuk memverifikasi ulang data PNS, seperti daerah lainnya yang ditemukan adanya PNS ‘siluman’.

Advertisement

“Itu artinya data kami sudah beres. Sudah sama dengan data yang ada di BKN dan semua PNS sudah daftar ulang lewat PUPNS,” ungkapnya.

Berdasarkan data jumlah PNS Solo per April tercatat 9.325 orang. Perinciannya, PNS laki-laki sebanyak 4.592 dan PNS perempuan 4.733.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif