Ilustrasi kawat berduri penjara (coloradoindependent.com) Ilustrasi kawat berduri penjara (coloradoindependent.com)
Sabtu, 23 April 2016 09:40 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

KERUSUHAN PENJARA
Napi Tewas Gantung Diri Sebelum Lapas Banceuy Rusuh, Ini Penjelasan Menteri Yasonna

Kerusuhan penjara terjadi di Lapas Narkotika Kelas IIA Banceuy, Bandung.

Solopos,com, BANDUNG – Lapas Narkotika Kelas IIA Banceuy, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, rusuh. Kerusuhan terjadi karena ada napi mengamuk setelah mengetahui temannya sesama napi tewas dalam sel.

“Saya baru dapat informasi awal. Jadi ada napi yang ditengarai petugas melakukan transaksi narkotika, diamankan. Satu orang napi ini dipisahkan selnya. Namun pagi tadi napi tersebut ditemukan tewas gantung diri,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/4/2016).

Menurut Laoly, napi lainnya diduga mengira kematian tersebut bukan murni gantung diri.

“Kenapa dia gantung diri dalam sel, dia meninggal dalam sel. Tadi pagi yang teman-temannya protes karena menyangka ada yang tidak benar dengan kematian si napi,” imbuh Laoly.

Kerusuhan pun terjadi. Para napi membakar bangunan di area Lapas. Petugas yang jumlahnya minim kewalahan menangani keributan napi.

“Pengamanan kita sangat sedikit kita kekurangan orang mengawasi orang yang begitu banyak,” sebut dia.

Laoly juga menyebut dua orang napi yang diisolasi dalam sel khusus terbukti positif mengonsumsi narkotika. Salah satu dari dua orang napi ini tewas gantung diri dalam sel isolasi yang membuat namun memancing kemarahan penghuni Lapas.

“Ditemukan satu orang yang diisolasi, tewas gantung diri. Petugas langsung beritahu polisi, tim Inafis kemudian masuk ke Lapas karena ada laporan napi bunuh diri ini,” kata Laoly kepada detikcom, Sabtu.

Namun informasi yang menyebar di penghuni Lapas berbeda. Napi kemudian menduga kematian rekannya, tidak wajar.

“Pagi tadi informasi yang menyebar ke dalam macam-macam, menduga bahwa yang meninggal dipukul, menduga mungkin disiksa baru rusuh,” sambungnya.

Dari informasi yang diterima Laoly, dua orang napi yang diisolasi sebelumnya sempat diperiksa petugas Lapas. Salah satunya pada Jumat (22/4/2016) siang dicurigai membawa narkotika.

“Saat Jumat siang, dari pos jaga di atas melihat seorang napi memegang plastik hitam. Petugas jaga memberitahu ke komandan dan komandan melakukan geledah plastik hitam tersebut,” terang Laoly.

Saat digeledah, tidak ditemukan barang bukti yang sebelumnya dicurigai petugas berada dalam plastik hitam yang dipegang seorang napi.

“Setelah itu petugas menggeledah sel napi yang memegang plastik hitam. Ada 7 orang diperiksa. Tujuh orang ini dites urine dan satu orang positif. Saat diinterogasi, napi tersebut tidak mengaku soal narkotika,” sambung Laoly.

“Sesuai SOP, napi yang dicurigai karena membawa plastik hitam dan napi yang positif mengonsumsi narkotika, ditarik untuk diinterview . Namun tetap tidak mengaku dan dimasukkan ke dalam sel isolasi,” ujarnya.

Pada sekitar pukul 24.00 WIB, petugas baru mengetahui salah satu napi yang berada di sel isolasi tewas gantung diri. Tewasnya napi memicu kerusuhan di Lapas pagi ini.

Laoly yang mendapat kabar dari Kalapas Banceuy menyebut bangunan yang terbakar bukan blok hunian napi.

“Gedung perkantoran terbakar, bloknya ternyata aman. Sekarang polisi sudah berupaya mengendalikan napi,” ujar Laoly melalui telepon pukul 09.15 WIB.

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…