Kebakaran di Lapas Banceuy (Twitter.com/@diskar_bdg) Kebakaran di Lapas Banceuy (Twitter.com/@diskar_bdg)
Sabtu, 23 April 2016 14:25 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

KERUSUHAN PENJARA
Api Padam, 21 Napi dan 4 Polisi Terluka

Kerusuhan Penjara Banceuy menyebabkan 25 orang terluka.

Solopos.com, BANDUNG — Kerusuhan dan kebakaran Penjara Banceuy, Bandung, Sabtu (23/4/2016), menyebabkan 21 narapidana dan empat anggota kepolisian terluka.

Data korban terluka dalam kerusuhan dan kebakaran Penjara Banceuy yang berada di jalan Soekarno Hatta tersebut diungkapkan oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

“Jumlah korban luka terdiri 21 Napi dan empat polisi,” ucap Staf Bantuan dan Penanggulangan Bencana PMI Kota Bandung, Irwan Ibrahim, di lokasi kejadian, seperti dilansir Detik.

Menurut Irwan, pihaknya sudah menangani secara medis terhadap semua korban luka. “Mereka seluruhnya luka ringan. Kalau anggota Brimob luka robek dan memar diduga kena lemparan batu,” ujar Irwan.

Irwan menyebut, terutama 21 napi, menderita luka bakar, robek dan memar. “Penghuni [napi] sudah kami tangani di dalam lokasi Lapas Banceuy. Kami obati. Tadi kan di lokasi chaos, mungkin luka memar itu karena benturan, kalau luka robek kemungkinan balasan lemparan batu,” kata Irwan.

Sementara itu, petugas Damkar Kota Bandung mengaku sempat kesulitan saat menjinakkan si jago merah. Api berhasil dipadamkan ketika telah melalap sebagian bangunan di Lapas Narkotika Kelas IIA Banceuy.

“Kami dapat informasi sekitar pukul 08.00 WIB. Saat kami datang, Napi sedang rusuh-rusuhnya. Mereka melempari kami dengan batu, karena mereka nggak mau api dipadamkan,” cerita salah seorang petugas Damkar ditemui di lokasi.

Petugas Damkar tersebut menuturkan sempat terlibat aksi saling lempar dengan para napi yang rusuh, ketika polisi dari Brimob yang mengenakan tameng belum datang. “Tadi kita sempat saling lempar juga dengan napi,” cetusnya.

Tak lama kemudian, ratusan anggota Brimob datang dan langsung memukul mundur para napi. “Baru setelah itu, kita leluasa memadamkan. Alhamdulillah petugas kita enggak ada yang luka, kalau polisi banyak tuh katanya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengatakan api berada di beberapa titik.

“Yang paling besar di tengah, dua mobil dan sepeda motor dibakar. Massa juga menggulingkannya,” kata Ferdi.

Menurut Ferdi, petugas sempat kesulitan memadamkan api, karena struktur bangunan yang satu dengan lainnya menyambung, seperti bangunan rumah sakit.

“Kita lakukan penyekatan, isolasi api. Alhamdulillah setelah itu api berhasil kita padamkan hanya dalam waktu satu jam,” kata Ferdi.

Sebanyak 17 unit mobil pemadam dan mobil pancar dikerahkan untuk memadamkan api.

lowongan pekerjaan
Accounting, Adminidtrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…