Opera VPN (Liputan6.com) Opera VPN (Liputan6.com)
Sabtu, 23 April 2016 06:15 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Liputan6 Internet Share :

APLIKASI OPERA
Opera Rilis VPN Gratis

Aplikasi Opera meluncurkan VPN gratis, untuk apa?

Solopos.com, JAKARTA — Global Web Index merilis data yang menyatakan lebih dari setengah miliar orang atau 24% dari populasi Internet dunia sudah mencoba atau sedang menggunakan layanan virtual private network (VPN). Mereka menggunakan VPN dengan dengan alasan-alasan utama berikut ini:

– Untuk mengakses konten hiburan yang lebih baik (38%)
– Untuk menjaga anonimitas saat browsing (30%)
– Untuk mengakses jaringan dan situs yang dibatasi di negara saya (28%)
– Untuk mengakses situs yang dibatasi di tempat kerja (27%)
– Untuk berkomunikasi dengan teman/ keluarga di luar negeri (24%)
– Untuk mengakses situs-situs berita yang dibatasi di negara saya (22%)

Tanggap melihat fakta tersebut, aplikasi Opera meluncurkan klien VPN gratis yang terintegrasi langsung di browser besutannya dengan penggunaan data tanpa batas di Opera untuk komputer versi pengembang terbaru.

Kebanyakan layanan VPN dan proxy server, sejauh ini masih terbatas dan harus berbayar. Maka dari itu, melalui layanan VPN gratis, tak terbatas atau unlimited, dan native dengan performa baik yang tidak memerlukan langganan, Opera ingin menyediakan bagi semua orang.

Sebuah VPN membantu pengguna menelusuri web lebih aman, serta mengakses situs-situs yang dibatasi secara regional, dan melindungi browser ketika menggunakan Internet di Wifi publik.

“Setiap orang berhak untuk online dengan mode privasi bila mereka menginginkannya. Dengan menambahkan VPN tak terbatas dan gratis langsung ke browser, tidak diperlukan lagi tambahan atau ekstensi dari penyedia pihak ketiga. Jadi, hari ini, pengguna Opera desktop kita mendapatkan cara praktis untuk meningkatkan privasi online mereka, serta akses mudah ke semua konten online favorit mereka tidak peduli di mana pun mereka berada,” kata SVP Opera, Krystian Kolondra, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Cara Gunakan Opera built-in VPN

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu mengklik menu “O”, pilih “Settings/Pengaturan” atau “Preference/Kesukaan” di Mac, Pilih “Privacy dan Security” dan menyalakan fitur VPN.

Kemudian akan muncul sebuah ikon di kolom alamat browser, pengguna dapat melihat dan mengubah lokasi, akan ada lebih banyak lokasi yang ditambahkan di versi stabil nantinya, mengecek apakah IP mereka diketahui, dan ulasan statistik terkait data yang digunakan. Meskipun VPN ini tak terbatas dan gratis, layanan VPN ini menawarkan pilihan yang tersedia pada VPN berbayar seperti berikut:

Menyembunyikan IP Addres

Aplikasi Opera akan mengganti IP address pengguna dengan virtual IP address, sehingga akan sulit bagi suatu situs web untuk melacak lokasi dan mengidentifikasi komputer pengguna. Dengan demikian privasi pengguna ketika browsing menjadi makin terjaga.

Membuka firewall dan Situs yang Diblokir

Banyak negara, sekolah dan tempat kerja memblokir situs video streaming, jejaring sosial dan layanan lainnya. Dengan menggunakan VPN ini, pengguna dapat mengakses konten favorit di mana saja mereka berada.

Aman di Wifi Publik

Saat menjelajahi web menggunakan Wifi publik penyusup dapat dengan mudah mengendus data. Dengan menggunakan VPN, keamanan informasi pribadi milik pengguna makin terjaga.

Dalam rilis versi pengembang ini, pengguna dapat memilih salah satu dari tiga lokasi maya seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jerman. Lebih banyak lokasi akan tersedia dalam versi Opera untuk komputer yang stabil.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…