Teknologi
Sabtu, 23 April 2016 - 06:15 WIB

APLIKASI OPERA : Opera Rilis VPN Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Opera VPN (Liputan6.com)

Aplikasi Opera meluncurkan VPN gratis, untuk apa?

Solopos.com, JAKARTA — Global Web Index merilis data yang menyatakan lebih dari setengah miliar orang atau 24% dari populasi Internet dunia sudah mencoba atau sedang menggunakan layanan virtual private network (VPN). Mereka menggunakan VPN dengan dengan alasan-alasan utama berikut ini:

Advertisement

– Untuk mengakses konten hiburan yang lebih baik (38%)
– Untuk menjaga anonimitas saat browsing (30%)
– Untuk mengakses jaringan dan situs yang dibatasi di negara saya (28%)
– Untuk mengakses situs yang dibatasi di tempat kerja (27%)
– Untuk berkomunikasi dengan teman/ keluarga di luar negeri (24%)
– Untuk mengakses situs-situs berita yang dibatasi di negara saya (22%)

Tanggap melihat fakta tersebut, aplikasi Opera meluncurkan klien VPN gratis yang terintegrasi langsung di browser besutannya dengan penggunaan data tanpa batas di Opera untuk komputer versi pengembang terbaru.

Advertisement

Tanggap melihat fakta tersebut, aplikasi Opera meluncurkan klien VPN gratis yang terintegrasi langsung di browser besutannya dengan penggunaan data tanpa batas di Opera untuk komputer versi pengembang terbaru.

Kebanyakan layanan VPN dan proxy server, sejauh ini masih terbatas dan harus berbayar. Maka dari itu, melalui layanan VPN gratis, tak terbatas atau unlimited, dan native dengan performa baik yang tidak memerlukan langganan, Opera ingin menyediakan bagi semua orang.

Sebuah VPN membantu pengguna menelusuri web lebih aman, serta mengakses situs-situs yang dibatasi secara regional, dan melindungi browser ketika menggunakan Internet di Wifi publik.

Advertisement

Cara Gunakan Opera built-in VPN

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu mengklik menu “O”, pilih “Settings/Pengaturan” atau “Preference/Kesukaan” di Mac, Pilih “Privacy dan Security” dan menyalakan fitur VPN.

Kemudian akan muncul sebuah ikon di kolom alamat browser, pengguna dapat melihat dan mengubah lokasi, akan ada lebih banyak lokasi yang ditambahkan di versi stabil nantinya, mengecek apakah IP mereka diketahui, dan ulasan statistik terkait data yang digunakan. Meskipun VPN ini tak terbatas dan gratis, layanan VPN ini menawarkan pilihan yang tersedia pada VPN berbayar seperti berikut:

Advertisement

Menyembunyikan IP Addres

Aplikasi Opera akan mengganti IP address pengguna dengan virtual IP address, sehingga akan sulit bagi suatu situs web untuk melacak lokasi dan mengidentifikasi komputer pengguna. Dengan demikian privasi pengguna ketika browsing menjadi makin terjaga.

Membuka firewall dan Situs yang Diblokir

Advertisement

Banyak negara, sekolah dan tempat kerja memblokir situs video streaming, jejaring sosial dan layanan lainnya. Dengan menggunakan VPN ini, pengguna dapat mengakses konten favorit di mana saja mereka berada.

Aman di Wifi Publik

Saat menjelajahi web menggunakan Wifi publik penyusup dapat dengan mudah mengendus data. Dengan menggunakan VPN, keamanan informasi pribadi milik pengguna makin terjaga.

Dalam rilis versi pengembang ini, pengguna dapat memilih salah satu dari tiga lokasi maya seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jerman. Lebih banyak lokasi akan tersedia dalam versi Opera untuk komputer yang stabil.

Advertisement
Kata Kunci : Aplikasi Opera VPN Gratis
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif