News
Jumat, 22 April 2016 - 16:43 WIB

TRANSPORTASI SOLO : Ini 8 Rute Baru di Bandara Adi Soemarmo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Dok/JIBI/Solopos)

Transportasi Solo, sejumlah maskapai membuka rute baru di Banxdara Adi Soemarmo.

Solopos.com, SOLO–Sejumlah maskapai melakukan ekspansi dengan menambah jadwal dan rute penerbangan dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo. Tercatat ada delapan tambahan jadwal dengan rute Solo-Jakarta masih mendominasi penambahan jadwal ini.

Advertisement

General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan maskapai yang mengajukan penambahan jadwal ini di antaranya adalah Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Air Asia. Beberapa di antaranya sudah beroperasi, ada yang baru akan beroperasi, dan ada juga yang masih dalam tahan pengajuan izin.

“Ketapatan waktu yang ditawarkan maskapai dan mobilitas masyarakat yang tinggi menjadi salah satu alasan penambahan jadwal dan pembukaan rute baru ini,” ungkap Usman saat berbincang dengan Solopos.com di Lobi Kantor AP I Bandara Adi Soemarmo, Kamis (21/4/2016).

Dia menjelaskan Citilink mulai Rabu (20/4/2016) telah mengoperasikan tiga jadwal dari sebelumnya hanya satu jadwal. Dalam waktu dekat, Batik Air juga akan mengoperasikan tiga jadwal sehari yang direncanakan berjalan pada Rabu (27/4/2016). Begitu juga Lion Air akan mengoperasikan rute Solo-Banjarmasin di hari yang sama.

Advertisement

Rute Solo-Jeddah pada 3 Mei juga akan dioperasikan oleh Garuda Indonesia dengan memanfaatkan pesawat Airbus A330 dengan kapasitas 360 kursi. Selain itu, Garuda Indonesia juga berencana membuka rute Solo-Jakarta melalui Bandara Pondok Cabe. Namun hal ini masih menunggu kepastian status bandara yang berada di Tangerang Selatan ini. Usman mengatakan Air Asia yang meroperasikan rute Solo-Denpasar yang biasanya tiga hari dalam sepekan juga ingin mengoperasikan rute ini menjadi setiap hari.

Manager Operasi dan Teknik PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya Wijanarka, menjelaskan Lion Air mengoperasikan rute Solo-Banjarmasin dengan jadwal take off pukul 08.00 WIB setiap hari. Operasional rute ini mengisi rute yang ditinggalkan Kalstar Aviation. Menurut Yaka, potensinya cukup besar karena selama ini rute Jogja-Banjarmasin selalu penuh, dimana banyak diantaranya penumpang berasal dari Solo dan sekitarnya.

“Pembukaan rute baru ini merupakan rangkaian tahapan Lion Air menjadikan [Bandara] Adi Soemarmo sebagai hub. Nantinya rute ini dari Banjarmasin akan berlanjut ke Makassar sehingga diharapkan semakin luas pasar yang bisa ditarik,” kata Yaka.

Advertisement

Menurut dia, berbagai rencana pembukaan rute baru dan penambahan jadwal ini akan berimbas pada tingkat kunjungan penumpang dan pergerakan ekonomi di Soloraya. Dia mengatakan saat ini rata-rata keberangkatan penumpang berada di kisaran 2.500 orang per hari saat weekdays dan 3.000 orang saat weekend.

“Penambahan jadwal maupun rute baru masih bisa dilakukan karena masih banyak slot time yang kosong, terutama di jam tanggung. Utilisasi apron hingga saat ini masih rendah, di bawah 50%,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif