Analisis tentang ukuran layar Iphone. (Istimewa/Ubergizmo) Analisis tentang ukuran layar Iphone. (Istimewa/Ubergizmo)
Jumat, 22 April 2016 11:42 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Liputan6.com Gadget Share :

TIPS SMARTPHONE
Begini Cara Kurangi Radiasi Ponsel

Tips smartphone kali ini tentang cara mengurangi radiasi.

Solopos.com, SOLO — Paparan radiofrekuensi energi elektromagnetik pada ponsel disebut-sebut berdampak buruk terhadap kesehatan. Namun, Australian Radiatoin Protection and Nuclear Safety Agency (ARPANSA) menyebutkan, tidak ada bukti ilmiah yang menetapkan penggunaan ponsel menyebabkan gangguan kesehatan.

Kendati demikian, ARPANSA tidak menampik kemungkinan adanya risiko meskipun kecil yang tidak dapat dikesampingkan. Untungnya ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi paparan radiasi ponsel.b Berikut ini beberapa cara menguangi radiasi ponsel sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Liputan6.com, Jumat (22/4/2016):

1. Jarak

Cara paling efektif untuk mengurangi paparan radiasi ponsel adalah meningkatkan jarak antara ponsel dan kepala atau tubuh. Anda dapat melakukan ini dengan cara menggunakan aksesori seperti ear-piece atau microphone hands-free, mengaktifkan loudspeaker, menulis SMS atau pesan instan daripada bertelepon, menjauhkan ponsel dari tubuh, seperti yang direkomendasikan dalam buku panduan pengguna ponsel dan menempatkan ibu jari di antara telepon dan telinga Anda.

2. Waktu

Bila ada efek berbahaya, ada kemungkinan makin lama paparan radiofrekuensi elektromagnetik, makin besar pula kemungkinan risikonya.

Anda dapat mengurangi waktu paparan dengan melakukan panggilan suara secara singkat, terutama ketika Anda tidak menggunakan aksesori hands-free.

3. Daya

Di area dengan penerimaan yang baik, transmisi yang berlangsung antara ponsel dan base station biasanya jauh lebih rendah daripada di daerah dengan penerimaan buruk, seperti di dalam lift atau di dalam sebuah bangunan besar.

Anda dapat membatasi jumlah daya yang ponsel digunakan dengan cara menggunakan ponsel di area sinyal yang baik bila memungkinkan dengan ditunjukkan dengan banyaknya bar pada indikator penerimaan sinyal dan menghindari menggunakan ponsel di area sinyal buruk seperti lift serta kendaraan bergerak.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…