Ilustrasi (Antara)
Jumat, 22 April 2016 21:20 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

PNS SILUMAN
Ada Ratusan PNS di Bantul Tak Terdaftar PUPNS

PNS Siluman disebutkan tidak ada di Bantul

Solopos.com, BANTUL- Sejumlah PNS di Bantul tidak terdata oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun Pemkab membantah keberadaanya tidak jelas alias siluman.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul melansir, hanya sebanyak 11.170 PNS Bantul yang mendaftarkan diri lewat PUPNS. Di luar itu, ada sebanyak 231 yang tidak mendaftar secara online.

Namun ia memastikan dari total 231 tersebut hanya empat yang bermasalah dan tidak mendaftar. “Kalau yang lainnya ratusan tidak mendaftar PUPNS karena sudah pensiun jadi memang tidak wajib,” terang Kepala Bidang Administrasi dan Kesejahteraan BKD Bantul M Jawiz, Kamis (21/4/2016) .

Sedangkan empat PNS yang tidak terdata dikarenakan berbagai alasan. Sebagian besar karena PNS tersebut bakal memasuki masa pensiun sehingga memilih bebas tugas. Alhasil kata dia, yang bersangkutan tidak mendapat informasi soal pendaftaran via online (PUPNS).

Kasus seperti ini dialami PNS di wilayah pelosok seperti Dlingo. “Kalau mau pensiun biasanya boleh mengajukan bebas tugas. Masalahnya dia juga tidak mendapat informasi,” paparnya.

Kasus lainnya kata dia karena, ada kesalahan Nomor Induk Pegawai (NIP) pada salah seorang PNS sehingga ia tidak dapat mendaftar secara online. Namun ia memastikan, PNS tersebut masih aktif bekerja dan jelas keberadaannya.

Saat ini, empat PNS yang semula tidak terdata secara online tersebut telah melakukan pendataan ulang. “Sekarang sudah beres semua,” paparnya lagi.

Ia mengklaim, kasus PNS siluman kecil ditemukan di daerah karena sistem pengawasan dan administrasinya diklaim lebih tertib dibanding lembaga vertikal.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.Japantech Indojaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…