Jogja
Jumat, 22 April 2016 - 21:20 WIB

PNS SILUMAN : Ada Ratusan PNS di Bantul Tak Terdaftar PUPNS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

PNS Siluman disebutkan tidak ada di Bantul

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah PNS di Bantul tidak terdata oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun Pemkab membantah keberadaanya tidak jelas alias siluman.

Advertisement

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bantul melansir, hanya sebanyak 11.170 PNS Bantul yang mendaftarkan diri lewat PUPNS. Di luar itu, ada sebanyak 231 yang tidak mendaftar secara online.

Namun ia memastikan dari total 231 tersebut hanya empat yang bermasalah dan tidak mendaftar. “Kalau yang lainnya ratusan tidak mendaftar PUPNS karena sudah pensiun jadi memang tidak wajib,” terang Kepala Bidang Administrasi dan Kesejahteraan BKD Bantul M Jawiz, Kamis (21/4/2016) .

Sedangkan empat PNS yang tidak terdata dikarenakan berbagai alasan. Sebagian besar karena PNS tersebut bakal memasuki masa pensiun sehingga memilih bebas tugas. Alhasil kata dia, yang bersangkutan tidak mendapat informasi soal pendaftaran via online (PUPNS).

Advertisement

Kasus seperti ini dialami PNS di wilayah pelosok seperti Dlingo. “Kalau mau pensiun biasanya boleh mengajukan bebas tugas. Masalahnya dia juga tidak mendapat informasi,” paparnya.

Kasus lainnya kata dia karena, ada kesalahan Nomor Induk Pegawai (NIP) pada salah seorang PNS sehingga ia tidak dapat mendaftar secara online. Namun ia memastikan, PNS tersebut masih aktif bekerja dan jelas keberadaannya.

Saat ini, empat PNS yang semula tidak terdata secara online tersebut telah melakukan pendataan ulang. “Sekarang sudah beres semua,” paparnya lagi.

Advertisement

Ia mengklaim, kasus PNS siluman kecil ditemukan di daerah karena sistem pengawasan dan administrasinya diklaim lebih tertib dibanding lembaga vertikal.

Advertisement
Kata Kunci : PNS Bantul Pns Siluman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif