Ilustrasi sunday market manahan (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha) Ilustrasi sunday market manahan (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)
Jumat, 22 April 2016 21:15 WIB Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos Solo Share :

PKL SOLO
DPP Data PKL Sunday Market

PKL Solo, Pemkot Solo akan mendata PKL sunday market Manahan.

Solopos.com, SOLO–Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Solo memastikan pedagang kaki lima (PKL) Sunday Market bakal direlokasi dari kompleks Stadion Manahan.

Kepala DPP Solo, Subagiyo, mengatakan DPP segera mendata keberadaan PKL Sunday Market. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, DPP telah membentuk tim khusus pendataan untuk mendata PKL Sunday Market di kompleks Stadion Manahan pada Minggu (24/4/2016). Menurut dia, DPP ingin mengetahui kepastian jumlah dan identitas PKL Sunday Market, luas dhasaran, serta jenis dagangan mereka. Subagiyo tidak menampik pedataan dilakukan dalam rangka perispaan relokasi PKL Sunday Market.

“DPP akan menyiapkan pedagang yang mau ada di Alun-alun [Kidul], jumlahnya berapa? Jenis daganganya apa? Penempatan seperti apa? Kalau kami sudah punya gambaran bahwa Alun-alun yang seluas 4 hektar ini dengan posisi yang ada, fasilitas yang ada, dan sarana  wisata yang ada, tinggal diselaraskan,” kata Subagiyo kepada Solopos.com di Pasar Sementara Pasar Klewer, Kamis (21/4/2016).

Subagiyo menerangkan DPP punya konsep besar bahwa pedagang Sunday Market datang di Alkid nantinya dalam kondisi yang bisa dipamerkan dan memiliki daya tarik. Dia ingin, PKL Sunday Market di Alkid mengerti cara berdagang yang baik, cara menempatkan dagangan yang sesuai, serta cara melayani pembeli secara optimal.

“Kami akan lihat perkembangan mereka [PKL Sunday Market] nanti. Mereka kan pedagang pagi hari, di mana suasana masih sejuk dan nyaman karena Alun-alun bersih. Nanti kita bisa upayakan bersama-sama pengadaan payung untuk di Alkid. Fasilitas berdagang itu bisa disiapkan bareng-bareng antara pemerintah dan pedagang,” jelas Subagiyo.

Disinggung mengenai adanya kerabat Keraton Solo yang menentang rencana Pemkot Solo merelokasi PKL Sunday Market di kompleks Stadion Manahan ke Alkid, Subagiyo tidak ambil pusing. Dia mengatakan Pemkot memegang komitmen awal pihak Keraton yang memperbolehkan Alkid digunakan untuk menampung PKL Sunday Market.

“Kami pegang komitmen [Keraton]. Rencana ini merupakan salah satu upaya untuk menbentuk satu destinasi wisata baru di Alkid. Kemarin [Selasa, 19/4/2016] kami sudah disambut baik K.G.P.H. Puger. Komitmen awal yang kami pegang. Saat ini, kami melakukan komunikasi terus dengan Keraton. Namun, memang belum ada kesepakatan waktu,” jelas Subagiyo.

lowongan pekerjaan
PT Saka Jaya Enggal Cipta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…