Ilustrasi investasi. (IJIBI/Solopos/Istimewa) Ilustrasi investasi. (IJIBI/Solopos/Istimewa)
Jumat, 22 April 2016 03:05 WIB Dini Hariyanti/JIBI/Bisnis Madiun Share :

INVESTASI JATIM
12 Pebisnis Tertarik Berinvestasi di JIIPE Gresik

Investasi Jatim menarik minta 12 pebisnis yang ingin bergabung di JIIPE.

Solopos.com, SURABAYA — Sebanyak 12 pebisnis berencana berinvestasi di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur. Pihak pengembang JIIPE tengah melakukan negosiasi jual beli dengan 12 pebisnis itu.

Koko Mathew Z. selaku Direktur PT Usaha Era Pratama Nusantara, anak usaha AKR Corporindo, mengatakan sekarang ada 12 investor yang sedang melakukan negosiasi bisnis dengan pihaknya sebelum memutuskan menanam kapital di JIIPE atau tidak.

“Mereka di antaranya perusahaan yang bergerak di bidang food dan kimia, yang pasti nonotomotif,” katanya saat ditemui Bisnis/JIBI di JIIPE, Gresik, beberapa waktu lalu.

Kepada para calon investor tersebut pengembang JIIPE menawarkan harga tanah senilai Rp2 juta per meter persegi. Lazimnya pemodal membutuhkan sedikitnya lima hektare untuk mendirikan basis produksi mereka. Sekarang ini ada tujuh tenant yang bercokol di JIIPE.

Dengan membangun pabrik di JIIPE, pebisnis diharapkan bisa menurunkan biaya logistik 15%-20% dari total biaya produksi. Hal itu karena pembangunannya mengintegrasikan sejumlah infrastruktur berupa pelabuhan, jaringan kereta api, dan jalan tol dengan kawasan industri.

Salah satu pebisnis yang dikabarkan hendak masuk ke JIIPE adalah RPX. Perusahaan penyedia layanan pengiriman dan solusi logistik terpadu ini hendak menjadikan JIIPE sebagai konektor pelayanannya di wilayah barat dan timur Indonesia.

“RPX sudah melakukan studi kelayakan, mereka akan memanfaatkan kawasan industri JIIPE karena bisa memangkas biaya logistik,” ucap Koko.

Untuk diketahui, JIIPE terdiri atas pelabuhan dan kawasan industri. Pelabuhan dikelola PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) sedangkan kawasan industri ditangani PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS).

BMS dan BKMS  merupakan perusahaan patungan dari PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) dan PT Usaha Era Pratama Nusantara (UEPN). Adapun BJTI adalah anak usaha Pelindo III sedangkan UEPN milik PT Aneka Kimia Raya (AKR) Corporindo.

Direktur Utama BJTI Putut Sri Muljanto mengatakan khusus untuk pelabuhan di JIIPE baru saja menuntaskan uji coba operasi pada Maret sejak awal 2016.

Selama fase uji coba setiap bulan pelabuhan disandari sekitar empat sampai lima kapal untuk bongkar muat.

“Kami sudah beroperasi penuh sejak April. Ada dua dermaga yang dioperasikan. Kami akan investasi Rp160 miliar – Rp170 miliar untuk peralatan di pelabuhan sepanjang tahun ini,” tutur dia.

Muatan barang yang bisa sandar ke pelabuhan yang ada di JIIPE per bulan nantinya mencapai 100.000 ton, sekarang baru 70.000 ton. Adapun sepanjang tahun ini diperkirakan bisa bongkar muat barang mencapai 1 juta ton. Sampai dengan Maret terealisasi 65.000 ton.

Selain pelabuhan ada empat infrastruktur penunjang di JIIPE, yaitu akses jalan tol, rel kereta api, pembangkit listrik, dan infrastruktur pengelolaan air bersih.

Setelah beroperasi penuh, luas kawasan industri mencapai 1.800 ha, pembangkit listrik sekitar 2.000 MW, kawasan perumahan sekitar 800 ha, dan air bersih dengan kapasitas 1.000 liter per detik.

lowongan pekerjaan
Accounting, Adminidtrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…