Ilustrasi lidah (Mddk) Ilustrasi lidah (Mddk)
Jumat, 22 April 2016 00:30 WIB Kesehatan Share :

INFO HIDUP SEHAT
Ternyata, Kebiasaan Tidur Bisa Mengubah Bentuk Lidah

Info hidup sehat menunjukkan kebiasaan tidur mampu mengubah bentuk lidah seseorang.

Solopos.com, SOLO — Apa Anda pernah merasa bentuk lidah Anda sedikit terlihat berbeda dari sebelumnya? Jika iya, mungkin saja ada kebiasaan tertentu yang membuat bentuk lidah Anda terlihat berbeda.

Seperti dikutip Solopos.com dari laman Huffingtonpost, Selasa (19/4/2016), sebuah studi yang baru diterbitkan Saudi Medical Journal, ukuran lidah seseorang mungkin menunjukkan kebiasaan apnea tidur obstruktif. Yaitu suatu kondisi ketika saluran napas diblokir, sehingga pernapasan berhenti dan mengulang selama tertidur.

Kebiasaan tidur seperti itu berpotensi mengubah bentuk lidah, karena lidah terlindas gigi selama tidur. Gangguan seperti ini menyebabkan Anda mudah kehilangan memori, serangan jantung, gagal jantung, stroke atau depresi, seperti yang dilaporkan National Sleep Foundation.

Penelitian menunjukkan temuan gangguan seperti ini penting untuk dipelajari dalam pendidikan dokter gigi. Jika dalam praktik pemeriksaannya, dokter gigi mengetahui penyebab kelainan bentuk lidah karena kebiasaan tidur seseorang, maka dokter gigi bisa menyarankan pasiennya untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis tidur. (Dwi septiani Putri/JIBI/Solopos.com)

lowongan pekerjaan
PT ANDALAN FINANCE INDONESIA (Nasmoco Group), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….