Ibu-ibu PKK Karangbendo saat menampilkan pertunjukan macapat dalam rangka acara penringatan Hari Kartini yang didakan di Gedung Serba Guna Dusun Karangbendo, Banguntapan, Bantul, Kamis (21/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja) Ibu-ibu PKK Karangbendo saat menampilkan pertunjukan macapat dalam rangka acara penringatan Hari Kartini yang didakan di Gedung Serba Guna Dusun Karangbendo, Banguntapan, Bantul, Kamis (21/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)
Jumat, 22 April 2016 14:20 WIB Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

HARI KARTINI
Emansipasi Wanita Jangan Sampai Membuat Lupa Kodrat

Hari Kartini diperingati para perempuan di Bantul

Solopos.com, BANTUL – Emansipasi wanita yang diperjuangkan oleh RA Kartini pada zaman dulu hendaknya kini tidak membuat wanita melupakan kodratnya. Meskipun wanita saat ini harus sebagai sosok yang tangguh dan cerdas lantas hal tersebut membuat wanita seringkali mengabaikan kodratnya sebagai sosok penyeimbang kaum laki-laki.

Ketua Pokgiat PKK Pedukuhan Karangbendo Mae Sri Hartati Wahyuningsih mengatakan, Emansipasi memang memiliki makna yang mendalam bagi kaum wanita saat ini, namun demikian wanita tetaplah wanita, setangguh apapun wanita ia tetaplah sosok yang lembut hatinya.

“Meskipun kita saat ini bisa dibilang sudah merdeka dengan memiliki kesetaraan dengan kaum laki-laki, tapi kita ini tetaplah wanita biasa, di rumah kita tetaplah berperan sebagai penyeimbang suami dan pendidik bagi anak-anak kita,” ujarnya saat diwawancarai disela-sela acara perayaan Hari Kartini di Gedung Serba Guna Desun Karangbendo, Banguntapan, Bantul, Kamis (21/4/2016).

Ia menambahkan dalam acara yang bertajuk Membangun Persamaan Derajat Perempuan Untuk Menuju Kehidupan yang Harmoni, makna yang terkandung cukuplah dalam, bagaimana tema tersebut dapat mewakili perasaan seorang wanita selama ini dalam keinginannya mengutarakan pendapat.

“Bagi kami para wanita, kami memang sangat ingin sekali dimengerti dalam segala hal oleh para laki-laki, contohnya jika kita memiliki ilmu dan kita ingin mengaplikasikan ilmu yang kita miliki terhadap kehidupan bermasyarakat haruslah kami dimengerti oleh laki-laki, agar hal tersebut tidak menimbulkan kesenjangan yang seolah-olah membuat kaum laki-laki dan perempuan itu seperti bersaing,” paparnya.

Dalam rangkaian acara yang dikemas secara sederhana dan menarik tersebut dihadiri oleh seluruh anggota PKK dari dusun Karangbendo. Ketua Panitia acara Ngatini Vega Hartono mengatakan, acara ini sebagai wujud meneruskan cita-cita RA Kartini, dengan menjadikan semangat Kartini sebagai motivasi untuk kaum wanita agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Memang wanita sekarang harus memiliki peran, dengan bekerja dan berkarya kaum wanita harus lebih memiliki jiwa yang lebih mandiri, kami juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anak kami nantinya”katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Banguntapan, Dwi Mulyani ia sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini, acara seperti ini sudah menunjukan bahwa sebenarnya para wanita saat ini bisa dibilang tangguh dan memiliki semangat juga kemandirian.

“Harapan berkaitan dengan acara ini kedepan semoga semakin bisa memberikan motivasi terhadap Kartini-Kartini [kaum perempuan] di daerah manapun, supaya kita akan bisa meneruskan cita-cita dari RA Kartini yang sesungguhnya,” ujarnya.

Selain kegiatan puncak peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan dengan acara-acara pentas, sebelumnya PKK Karangbendo juga sudah mengadakan beberapa kegiatan perlombaan, seperti lomba lansia sehat, lomba balita sehat, sebgyar senam dan jalan sehat, serta lomba kebersihan lingkungan.

“Dengan berbagai kegiatan perlombaan tersebut, yang ingin kami tonjolkan adalah bagaimana seorang wanita yang tangguh dan mandiri masih tetap tidak melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga,” ujar Ngatini.

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…