ilustrasi (JIBI/dok) ilustrasi (JIBI/dok)
Jumat, 22 April 2016 15:13 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Solo Share :

HARI BUMI
Belajar Peduli Lingkungan dengan Menanam Pohon di Polybag

Hari Bumi diperingati sejumlah sekolah di Solo.

Solopos.com, SOLO – Berbagai kegiatan diadakan sejumlah sekolah di Kota Solo dalam rangka memperingati Hari Bumi, Jumat (22/4/2016). Salah satunya dilaksanakan di SD Djama’atul Ichwan (Dji) Program Utama (PU) Solo.

Puluhan siswa SD Dji PU tampak begitu bersemangat menanam aneka jenis sayuran dalam media polybag yang dibuat dari plastik kresek hitam, atau juga plastik bekas kemasan minyak goreng ataupun bekas kemasan sabun cuci, Jumat pagi.

Selain itu, ada pula anak yang memanfaatkan botol bekas air mineral untuk digunakan sebagai polybag. Kegiatan menanam dimulai anak-anak dengan mengambil sekam (tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang), kemudian memasukkannya ke dalam plastik tersebut.

Seperti yang dilakukan Aurin, siswa Kelas 1. Meskipun kedua tangannya harus kotor karena tanah, Aurin dengan penuh semangat menaburkan bibit sayuran yang diberikan oleh gurunya, ke dalam plastik yang ia bawa tersebut. Gadis cilik itu mengaku senang makan sayur bayam. Dia berjanji akan merawat tanaman yang sudah ditanamnya di plastik itu hingga nantinya bisa dipanen.

Hal serupa dilakukan Darren Agvian Arya Mulya, siswa Kelas 3. Darren mengatakan, akan rajin menyirami dan merawat tanamannya dengan baik. “Nanti saya siram supaya sayurnya tumbuh,” tutur Darren. Di antara jenis sayuran yang ditanam anak-anak itu yakni tomat, terong, cabai, dan seledri.

Menurut Kepala SD Dji PU Solo, Ghufron Ghozali, kegiatan menanam pohon itu dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi sampah. “Kegiatan ini sekaligus untuk menghijaukan bumi dari lingkungan terdekat yaitu sekolah dan rumah,” terangnya.

Sementara itu di PG dan TK Kreatif Primagama Solo, para siswa diajak mengurangi sampah plastik untuk diolah menjadi barang yang berguna.

Ketua Panitia Kegiatan, Ummu Latiefah Yuniati, mengatakan, sekitar 23 siswa PG dan TK Kreatif Primagama pagi itu membawa botol bekas air mineral dari rumah yang kemudian diolah untuk digunakan sebagai tempat menanam tanaman sayur selada dan daun bawang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan anak tentang cara mencintai lingkungan dengan cara menanam tanaman untuk mengurangi polusi udara dan mengubah sampah plastik menjadi tempat yang lebih berguna,” terang Ummu.

 

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…