Kondisi jalan dan rumah di Dukuh Krajan, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, yang retak-retak akibat tanah bergerak. (Istimewa) Kondisi jalan dan rumah di Dukuh Krajan, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, yang retak-retak akibat tanah bergerak. (Istimewa)
Jumat, 22 April 2016 11:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

BENCANA PONOROGO
Tanah Bergerak di Slahung Rusak 6 Rumah, 29 Keluarga Waswas

Bencana Ponorogo berupa tanah bergerak di Slahung membuat enam rumah rusak.

Solopos.com, PONOROGO — Pergerakan tanah terjadi di Dukuh Krajan, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Ponorogo, sejak sepekan terakhir. Akibatnya enam rumah milik warga setempat mengalami retak-retak dan rusak.

Saat ini, enam keluarga yang rumahnya retak-retak mengungsi ke tempat saudara yang dianggap lebih aman. Warga takut ketika tanah kembali bergerak dan mengakibatkan rumah mereka roboh.

Salah seorang warga Dukuh Krajan, Lasno, mengatakan sudah beberapa hari mengungsi ke rumah saudara yang dianggap lebih aman. Sejak tanah di wilayahnya terus bergerak mengakibatkan tembok rumah retak-retak yang mencapai 15 cm.

“Saya takut kalau tinggal di dalam rumah itu dan kemudian tanah bergerak lagi dan mengakibatkan rumah roboh. Selain itu, akibat tanah gerak itu juga bisa mengakibatkan tanah longsor. Lebih baik mencari tempat yang lebih aman,” kata dia, Kamis (21/4/2016).

Perangkat Desa Tugurejo, Mujianto, mengatakan sudah sepekan di Desa Tugurejo mengalami fenomena tanah gerak. Tanah gerak ini mengakibatkan enam rumah rusak dan sejumlah jalan juga mengalami kerusakan.

Dia menyampaikan saat ini ada enam keluarga yang telah mengungsi ke rumah saudaranya karena kondisi lingkungan dianggap masih mengancam.

Selain enam keluarga yang mengungsi, tanah gerak itu juga membuat khawatir 29 keluarga di Desa Tugurejo. Mereka takut ketika bencana alam itu menerjang mereka saat terlelap tidur.

“Pemerintah sudah melakukan peninjauan ke lokasi tanah gerak dan menyarankan enam keluarga yang terdampak untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Apalagi, saat ini curah hujan cukup tinggi, tentu akan semakin membahayakan,” jelas dia.

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…