Batik gebleg renteng khas Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)
Jumat, 22 April 2016 16:20 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

BATIK KULONPROGO
Semakin Dekat di Hati Masyarakat, Semakin Menarik Minat Daerah Sahabat

Batik Kulonprogo tidak hanya dekat di hati masyarakat setempat

Solopos.com, KULONPROGO– Keberhasilan pengembangan batik motif geblek renteng sebagai batik motif khas Kulonprogo menarik perhatian pemerintah daerah lain. Salah satunya, Pemerintah Daerah Tabalong, Kalimantan Selatan, yang datang langsung guna belajar membatik ke Kulonprogo beberapa waktu yang lalu.

Puryanto, salah satu pemilik merk batik ternama di Kulonprogo menyatakan sudah sering kedatangan tamu untuk belajar membatik serta ilmu pengembangan batik baik motif maupun pemasarannya.

Terakhir kali, ia kedatangan tamu dari pemerintah Tabalong, Kalimantan Selatan. “Sudah serinf kedatangan tamu tapi kami selalu siap berbagi,”ujarnya ketika dikonfirmasi pada Kamis (21/4/2016).

Ia menguraikan bahwa umumnya pihak lain tertarik pada batik geblek renteng karena motifnya yang unik dan warnanya yang cerah. Terlebih lagi, kini jenis batik tersebut mulai mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat setempat.

Puryanto menjelaskan bahwa seringkali batik kurang digemari karena tidak mengikuti tren pasar akan desain dan motif terkini. Selain itu, batik yang unggul juga harus memiliki kualitas warna yang prima.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM, Niken Probolaras menyatakan bahwa kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah lainnya memang sangat diperlukan. Terlebih lagi, dengan berlakunya MEA maka pasar lokal harus terus diperkuat. Di sisi lain, produk-produk lokal juga harus mampu memiliki kualitas yang bersaing dengan produk asing.

Ia menjelaskan bahwa batik geblek renteng sendiri memang memiliki keunikan tersendiri sehingga menarik bagi sejumlah pihak. Niken menguraikan bahwa pihak-pihak yang datang biasanya melakukan pengamatan langsung akan proses emmbuat pola dan motif, mencanting, pewarnaan, dan penggunaan malam.

Selain itu, kebijakan yang diterapkan oleh pemkab Kulonprogo sendiri menjadi salah satu hal yang menjadikan batik geblek renteng mendapatkan pasarnya.

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…